Notification

×

Iklan

Tinta Merah, Mas Farid Fathoni; Kelahiran IMM yang dipersoalkan

Minggu, 08 Mei 2022 | 09.22 WIB Last Updated 2022-05-08T02:22:11Z
Oleh : Taufik Riswan Aluebilie
Alumni IMM Aceh


Gemarnews.com, Opini - Pagi tadi, Pukul 10.00 WIB, dikabarkan berita duka. Mas Farid Fathoni, Penulis buku sejarah *"Kelahiran IMM yang dipersoalkan"* meninggal dunia di RS. Mojokerto, Jombang Jawa Timur. Semoga Mas Farid Khusnul khatimah. Aamiin.

Melalui buku "Kelahiran Yang Dipersoalkan", Alm. Farid Fathoni mencatat fase kelahiran IMM dan berbagai polemik yang menyertainya. Buku ini kemudian menjadi buku wajib bagi kader untuk mempelajari sejarah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Siapa Farid Fathoni?
Penulis mengenal namanya sejak Tahun 2000, Ketika diperkenalkan oleh Instruktur Kanda Afdhal Jihad pada Perkaderan Darul Arqam Dasar (DAD IMM) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang IMM Kota Banda Aceh. Melalui sebuah buku ditangannya, dengan judul *"Kelahiran IMM yang dipersoalkan"* sejarah IMM diulas dengan baik, sampai dengan biografi singkat Farid Fathoni.

Alm. Farid Fathoni adalah Mantan Ketua dan perintis berdirinya kembali DPD IMM Jawa Tengah. Setelah kevakuman IMM secara Nasional, sekitar Tahun 84-85 an almarhum Farid Fatoni dengan dukungan dari pak Djazman menghidupkan DPD IMM Jateng bersama  M.Yusron , Samino, Abdul Al Hasyer (semua sdh almarhum ), Mahasri Shobahiya, Farid Wajdi dll.

Alm. Farid gecar melakukan safari dari PDM ke PDM yang di daerah nya ada PTM, Hingga terbentuknya kembali Cabang-cabang serta DPD IMM Jawa Tengah. Setelah itu Alm. Farid juga termasuk tim DPP IMM Sementara, hingga Terpilihnya Imwawan Wahyudi sebagai Ketua Umum. 

Tahun berikutnya, Mas Farid juga aktif dalam Kepengurusan DPP IMM yang dipimpin oleh Nizam Burhanudin (1986-1989) sebagai Ketua Bidang Perkaderan sampai akhir periode bersama dengan Alm. Buya Yunahar Ilyas, Agus Samsudin, Firman Noor, Bambang Setiaji, Alfian Mujani dsb. 

Secar pribadi, Penulis baru bertemu langsung dengan Mas Farid pada Tahun 2002 di Kota Malang, Jawa Timur. Ketika itu, Penuli bersama Musliadi Tamin (Ketua Pjs. PWPM Aceh, sekarang) mengahdiri SEMILOKNAS IMM, di masa Kepemimpinan DPP IMM, Immawan Piet Hisbullah Khaidir. 

Kami berdua mewakili IMM Aceh, mengahdiri Rakornas IMM 2002 dan Lokakarya Nasional Tiga Bidang, diantaranya; Bidang Organisasi, Bidang Kaderisasi, dan Bidang IMMawati yang dipusatkan di Auditorium Kampus Putih Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Farid Fathoni sebagai Salah Satu Narasumber yang diundang. Sebagai salah satu penulis sejarah Ikatan, Kita semua belajar banyak dari Beliau, semoga semua amal ilmiah diterima disisi Allah SWT. Aamiin.


Billahifisabililhaq, Fastabiqul Khairat.
Taufik Riswan Aluebilie Alumni IMM Aceh.
×
Berita Terbaru Update