Notification

×

Iklan ok

Wajah Cantik Wajib Tapi Kebersihan Alat Reproduksi Sangat Diwajibkan

Jumat, 21 Oktober 2022 | 08.55 WIB Last Updated 2022-10-21T01:55:52Z
   Dok.foto Penulis :Salma Wati.


GEMARNEWS.COM , OPINI - Saya Seorang mahasiswi prodi sosiologi agama fakultas Uahuluddin UIN Ar-Raniry menjalani semester 7. Saya telah selesai magang di PKBI Aceh (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia), Saya mulai magang pada tanggal 08 agustus 2022. Disini saya memilih magang di PKBI Aceh karena saya sangat ingin tahu apa-apa saja yang dipelajari di PKBI. Sebab PKBI Aceh adalah perkumpulan keluarga berencana, saya sangat penasaran bagaimana aktifitas PKBI. Setelah saya masuk magang di PKBI Aceh, saya sangat kagum bahwa staf dan kariawannya sangat ramah dan baik.

 Kami magang di pkbi aceh sebanyak 7 orang mahasiswi sosiologi agama, disini kami mempelajari bukan hanya tentang keluarga saja, tetapi banyak pelajaran yang kami pelajari, yaitu tentang HAM (hak asasi manusia), menstruasi, keputihan, HIV/AIDS, narkoba, LGBT, GAY, dan cara-cara menjaga alat reproduksi, disini kami mendapatkan pembelajaran yang sangat banyak. Dan saya bisa menjelaskan sedikit ilmu yang saya dapat dari PKBI Aceh, yaitu Pentingnya menjaga kebersihan alat reproduksi, mengapa? Sebelum saya menjelaskan pentingnya menjaga alat reproduksi, saya akan menjelaskan bahwa apa itu alat reproduksi?.

Alat reproduksi merupakan sistem organ yang digunakan untuk memproduksi atau melahirkan keturunan dengan tujuan untuk pelestarian jenis. Sistem reproduksi manusia dibagi menjadi 2 yaitu pria dan wanita yang memiliki organ-organ penyusun yang berbeda. 

Sistem reproduksi pria berfungsi untuk memproduksi, menyimpan dan menyalurkan sperma untuk membuahi sel telur. Sementara itu sistem reproduksi bagi wanita memiliki funsi untuk memproduksi sel telur dan sebagai tempat janin berkembang sehingga proses persalinan tiba. Organ dari sistem reproduksi wanita meliputi vagina, rahim, ovarium, tuba falopi, dan vulva. Sementara sistem reproduksi pria terdiri dari penis, testis, dan skrotum (buah zakar).

Jadi setelah saya menjelaskan sedikit tentang alat reproduksi maka saya akan menjelaskan bahwa sangat penting menjaga kebersihan alat reproduksi, menjaga alat reproduksi merupakan hal yang penting karena terkait dengan bagaimana kita menjamin keberlangsungan hidup manusia dari generasi kegenerasi sehingga generasi berikutnya bisa lebih berkualitas dibanding dari generasi pada saat ini. Kesehatan reproduksi secara umum tidak hanya terkait dengan aspek fisik saja, tetapi menyangkut aspek psikologis, mental dan sosial. Melihat pentingnya kesehatan reproduksi, pemerintah juga mengatur dalam undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. 

Saat kita membahas kesehatan reproduksi, tidak hanya dari sisi laki-laki atau perempuan saja, tetapidari keduanya juga penting. Bahwa dengan memahami kesehatan reproduksi dengan baik, kita bisa menghindari penyakit yang bisa ditimbulkan, seperti infeksi menular seksual.

Sistem reproduksi manusia harus mulai dijaga sendiri ketika memasuki masa pubertas. Untuk melihat apakah sistem reproduksi manusia sudah siap atau matang, bisa terlihat cukup mudah.

Contohnya pada remaja laki-laki ditandai dengan mimpi basah, sedangkan pada wanita ialah keluarnya haid pertama kali. Kesehatan reproduksi pada masa pubertas bisa dilihat dari funsi, proses, dan juga sistem reproduksinya. Tentunta sehat disini tidak hanya bebas dari ancaman penyakit semata. 

Sehat juga bisa berarti matang secara fisikdan juga mental. Usia remaja adalah masa transisi yang ditandai dengan berbagai perubahan emosi, psikis, dan fisik dengan ciri khas yang unik. Penting bagi kita untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang kesehatan reproduksi dan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi. 
Cara menjaga organ reproduksi, diantaranya:
Pakai handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab.

Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat
Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari Bagi perempuan, sesudah buang air kecil, membersihkan alat kelamin sebaiknya dilakukan dari arah depan menuju belakang agar kuman yang terdapat pada anus tidak masuk ke dalam organ reproduksi.serta menurunkan risiko kanker penis.

Kita boleh saja menjaga kulit kita agar tetap glowing tetapi jangan lupa untuk kebersihan alat reproduksi, jadi makan dari itu kita harus memperhatikan kebersihan dalam hidup kita agar terlihat indah dan penyakit pun tidak singgah dengan ini mari kita bersama-sama menjaga Kebersihan kulit dengan mandi rutin, kebersihan gigi, tapi yang paling penting adalah kebersihan alat reproduksi.

Alat reproduksi sangat rentan terinfeksi jamur atau bakteri sehingga menimbulkan gatal atau bau tidak sedap. Sehingga penting sekali bagi remaja untuk menjaga kebersihan, mandi minimal 1 kali sehari, bersihkan alat reproduksi, dan sering-sering mengganti celana dalam, dan jangan pakai celana dalam yang basah entah basah karna keringat atau karna urine karna itu dapat membuat bakteri mudah masuk ke dalam organ reproduksi.

Agar bakteri yang ada di keringat atau kotoran tersebut tidak masuk ke dalam alat reproduksi. Jadi Pola hidup tidak bersih akan menjadikan alat reproduksi gatal-gatal, mengeluarkan bau tidak sedap, tumbuh jamur. Karena pola hidup nya tidak bersih sama saja membiarkan bakteri masuk ke dalam tubuh. Penting sekali mengeringkan alat reproduksi sebelum memakai kembali celana dalam. karna celana dalam yang lembab apalagi karna air atau urine dapat menyebabkan jamur dan keputihan pada wanita.

Penulis  : Salma Wati
Mahasiswi : UIN AR-RANIRY Banda Aceh 
Prodi : Sosiologi Agama
Fakultas: Ushuluddin dan Filsafat
×
Berita Terbaru Update