Notification

×

Iklan ok

Jenazah Terjebak Banjir di Aceh Tamiang Dievakuasi dengan Rakit

Sabtu, 05 November 2022 | 17.23 WIB Last Updated 2022-11-05T10:23:30Z

Gemarnews.com, Aceh Tamiang - Warga dibantu personel TNI-AD Koramil 07/Kejuruan Muda Kodim 0117/Aceh Tamiang berhasil mengevakuasi jenazah seorang remaja warga Suka Jadi, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang, yang terjebak banjir di kawasan Seumadam perbatasan Aceh-Sumut, Jumat (4/11/2022).

Komandan Koramil 07 Kejujuran Muda Kapten Inf Nunu Rukmana bersama anggota dan warga berhasil mengevakuasi jenazah seorang perempuan 19 tahun yang terjebak banjir di jalan nasional Medan-Banda Aceh, Desa Sungai Liput, Kecamatan Kejuruan Muda.

Jenazah tersebut dijemput dari perbatasan Aceh – Sumut dengan menggunakan mobil truk PT Sucopindo.

“Jenazah yang sempat tertahan di mobil truk dan terjebak banjir di Kabupaten Aceh Tamiang di jalan nasional Medan-Banda Aceh di Desa Sungai Liput sudah berhasil kita evakuasi bersama warga,” ungkap Kapten Inf Nunu Rukmana.

Jenazah yang rencananya akan dimakamkan di rumah duka di Karang Baru, terpaksa diangkut dengan menggunakan 1 unit rakit buatan warga setempat.

“Sejak tadi malam kita sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Satgas SAR Aceh Tamiang minta bantuan rubber boat untuk evakuasi, namun tak kunjung datang hingga siang ini,” kata Nunu Rukmana.

Menurut Kapten Nunu Rukmana pada pukul 10.00 WIB jenazah sudah dievakuasi menggunakan rakit kayu oleh warga desa sekitar.

“Terpaksa pakai rakit karena kasihan jenaza-nya sudah nginap semalam. Dari lokasi pakai rakit kita seberangkan sampai ke tepian yang tidak banjir baru dilanjutkan lagi menggunakan mobil truk besar agar bisa lewat,” sebut Nunu Rukmana.

Proses evakuasi berjalan dengan lancar. Jenazah sudah dievakuasi oleh ambulan RSUD Aceh Tamiang yang akan dibawa ke rumah duka di Karang Baru, Aceh Tamiang

Informasi diperoleh jenazah tersebut sudah tertahan sejak Kamis malam setelah mobil ambulans RS Bina Kasih Medan yang membawa jenazah dari arah Medan menuju Aceh terjebak banjir di Aceh Tamiang.

“Jenazah itu anak kawan saya warga Desa Suka Jadi, Kecamatan Karang Baru. Mobilnya terjebak banjir di Seumadam sejak dari tadi malam enggak bisa lewat,” kata Dewi warga Aceh Tamiang, Jum’at (4/11/2022).

Dewi menuturkan saat ini jenazah seorang anak remaja tersebut telah ditangani oleh personel TNI dari Koramil setempat. Mobil ambulans jenis mini bus yang membawa jenazah tidak bisa lewat karena genangan banjir sangat dalam. Hingga Jum’at pagi jenazah belum bisa dievakuasi dari lokasi banjir.

“Katanya jenazah sudah dievakuasi menggunakan dump truk, tapi karena ada kendaraan yang rusak di tengah jalan tetap tidak bisa lewat. Padahal keluarganya sudah menunggu untuk dilakukan fardhu kifayah di Desa Kesehatan karena rumah mereka kena banjir,” ujarnya. (*)


Sumber : InfoAceh.Net
×
Berita Terbaru Update