Notification

×

Iklan ok

Forum PRB Aceh Laksanakan Pendampingan Serta Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami

Jumat, 23 Desember 2022 | 11.55 WIB Last Updated 2022-12-23T17:20:57Z
Dok.foto : Ketua Sterring Committe Rizki Wan Okta,M.S.i menyampaikan Materi Kebencanaan dan Persiapan Simulasi di siswa dan siswa SMP 5 Banda Aceh .


GEMARNEWS.COM , BANDA ACEH – Dalam rangka Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh, Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh mengadakan berbagai rangkai kegiatan salah satunya yaitu Pendampingan dan Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami. Kegiatan tersebut dilaksanakan bagi siswa dan siswa SMP 5 Banda Aceh dan SMP 11 Banda Aceh serta bagi mahasiswa Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) Aceh.

Kegiatan Pendampingan Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami yang dilaksanakan di halaman sekolah diikuti oleh pelajar SMP 5 dan SMP 11 Banda Aceh serta di halaman kampus UBBG Banda Aceh.


Dalam simulasi itu, diskenariokan terjadi gempa bumi yang berpotensi menimbulkan tsunami dan Pelajar dan mahasiswa  yang mengikuti simulasi diarahkan untuk berlari dengan tenang menuju ke tempat evakuasi.

Wakil Ketua 1 Forum PRB Aceh M. Dedy Jumaidy, SE.M.Si menyampaikan, simulasi itu merupakan bagian dari pelaksanaan Tsunami Ready Community, program peningkatan kapasitas warga dalam menghadapi ancaman tsunami sesuai indikator yang ditetapkan oleh UNESCO-IOC. Sabtu (21/12/2022).

"Propinsi Aceh harus siap dalam hal kesiapsiagaan bencana," kata Dedy.
Dedy juga menambahkan bahwa simulasi adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan siswa/i dan mahasiswa serta masyarakat menghadapi potensi bencana gempa dan tsunami.

Simulasi mengajarkan kepada para pelajar dan mahasiswa serta masyarakat untuk segera mencari tempat berlindung yang aman saat terjadi bencana gempa dan tsunami.

Jika berada di sekolah segera berlindung ke bawah meja dan setelah aman segera menuju ke tempat yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri, kata dedy.

Ketua Steering Committe Rizki Wan Okta, M.Si  mengatakan bahwa simulasi merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana bagi pelajar dan mahasiswa, kegiatan ini juga merupakan sebagai pengingat bagi kita semua bahwa propinsi aceh pernah terjadi bencana yang sangat dahsyat.


Koordinator Kegiatan Simulasi dan Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami Syarifah Intan Raudhah, S.I.Kom mengatakan bahwa kegiatan pendampingan simulasi kita laksanakan di SMP 5 dan SMP 11 serta UBBG Banda Aceh.

Untuk kegiatan pendampingan simulasi tersebut dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 20 – 21 Desember 2022 dengan lokasi di masing-masing halaman sekolah dan kampus.


Intan menambahkan setelah pendampingan simulasi selesai dilaksanakan, mak a untuk kegiatan simulasi gempa bumi dan tsunami akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2022 di escape building, Lambung, Banda aceh.

Catat.... Rangkaian Kegiatan Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh yang dilaksanakan Oleh Forum PRB Aceh

Kegiatan Kebencanaan melalui permainan ular tangga kebencanaan di lokasi Car Free Day Banda Aceh pada tanggal 25 Desember 2022.

Lomba Ibu Tangguh Bencana di Escape Building di Gampong Alue Deuh Teungoh, Meuraxa Kota Banda Aceh pada tanggal 22 Desember 2022.

Pemutaran Film SMONG di Aula BPBA dalam rangka peringatan 18 Tahun Tsunami  pada tanggal 22 Desember 2022.

Lomba Menggambar dan Mewarnai tentang Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami dilokasi Museum Aceh yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2022.

Simulasi evakuasi mandiri gempa bumi dan tsunami di SMP Negeri 5 Banda Aceh, SMP 11 Banda Aceh serta di Kampus UBBG Aceh pada tanggal 23 Desember 2022.

Penutupan Acara Peringatan 18 Tahun Tsunami Forum PRB Aceh di Aula BPBA yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2022.
×
Berita Terbaru Update