Notification

×

Iklan ok

RKPD 2024 Abdya Tetap Merujuk pada RPD tahun 2023-2026

Selasa, 31 Januari 2023 | 15.25 WIB Last Updated 2023-01-31T08:26:15Z

Gemarnews.com, Blangpidie - Rancangan awal Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024 tetap merujuk pada Rencana Pembangunan daerah (RPD) tahun 2023 - 2026, masukan serta saran dari forum konsultasi publik sangat di perlukan sabagai bahan penyempurnaan dari tahap rancangan awal RKPD Abdya tahun 2024 hingga menjadi RKPD Abdya 2024. Selasa (31/1/2023)

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula Bappeda Aceh barat daya ini, forum Konsultasi publik RKPD tahun 2024 Diharapkan bisa membangun Kabupaten Aceh Barat Daya lebih maju dan unggul dan dapat terwujud melalui Forum Kunsul tasi Publik.

Bupati Aceh barat daya H Darmansah, S.Pd, MM  pada saat membuka acara tersebut memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan tersebut, dirinya juga berharap semua pihak bisa bekerja sama untuk mewujudkan Aceh barat daya lebih baik lagi kedepannya.

"Penyusunan RKPD tahun 2024 merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mencapai visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025 yaitu Abdya yang maju, makmur dan mandiri serta bertaqwa kepada Allah SWT dalam sistem pemerintahan daerah yang bersih, jujur dan berkeadilan,” kata Darmansah.

Arah kebijakan RKPD 2024 tetap merujuk pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026 yang difokuskan pada pemantapan struktur perekonomian yang berlandaskan keunggulan lokal yang didukung SDM yang berkualitas.

Substansi dari RKPD tahun 2024 merupakan kerberlanjutan dan pembelajaran dari RKPD tahun sebelumnya baik untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan maupun menjadi sarana menjawab berbagai kendala pembangunan yang belum dapat dituntaskan pada periode sebelumnya.

"Penyusunan RKPD tahun 2024 harus mampu menghasilkan perencanaan yang implementatif melalui beberapa pendekatan seperti pendekatan top down, bottom up, partisipatif, politik dan teknokratik. Dengan demikian diharapkan tujuan pembangunan tahun 2024 dapat tercapai." lanjutnya kembali.

Pada tahun 2024 terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan fokus daerah. Pelaksanaan Pemilu Presiden, legislatif dan pemilihan kepala daerah akan berjalan sepanjang tahun.

Hal ini disebabkan amanat Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Presiden, Wakil Presiden, Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota.

mengingat peran penting dari RKPD maka penyusunan evaluasi pembangunan yang digunakan dalam penyusunan RKPD 2024 harus dilakukan secara cermat, terukur dan menyeluruh. Ditegaskan agar dalam penyusunan RKPD Abdya tahun 2024 harus menerapkan pola-pola keterpaduan dalam pembangunan di Abdya.

Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah ST menyebutkan, ada tujuh program prioritas pembangunan  Abdya tahun 2024 diantaranya, peningkatan kualitas SDM, penguatan kehidupan demokrasi dan tata kelola pemerintah yang baik.

Penguatan peran umkm dalam pengembangan produk strategis daerah dan peningkatan daya saing sektor unggulan daerah, penanganan kasus gizi buruk dan stunting, pengentasan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi, penyediaan dan penataan infrastruktur dasar pada daerah prioritas pembangunan.

"Kita sama sama fokus dengan kegiatan ini, intinya kita mohon masukan dan pendapat saran demi kesempurnaan RKPD di tahun 2024 nantinya .

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur dari Forkompimkab, Sekda Salman Alfarisi, para asisten, staf ahli, kepala SKPK hingga unsur terkait lainnya. []


Wartawan : Yasri Gusman
×
Berita Terbaru Update