Notification

×

Iklan ok

Dosen Fakultas Tarbiyah UNMUHA Laksanakan Program Pengabdian di Pesantren Baitul Arqam

Minggu, 19 Februari 2023 | 19.24 WIB Last Updated 2023-02-19T12:24:52Z

Gemarnews.com, Aceh Besar - Sebanyak 40 siswa Madrasah Tsanawiyah Pesantren Baitul Arqam mengikuti program peningkatan kemampuan literasi yang diadakan oleh akademisi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) di ruang kelas Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqam  pada Ahad (19/2/2023).

Program ini merupakan pengabdian dosen UNMUHA dan diketuai oleh Nazariah, M. Pd., dengan anggota dosen  Muhammad Yani, M.P, dan Cut Mawar Helmanda, M.Pd. Sementara itu, ada tiga orang dari anggota mahasiswa, yaitu M. Alfarisyi, Melia Ulfa, Adilla Nafaisya, dan Ilham Wahyudi. 

Kegiatan ini berlangsung sejak pagi hingga sebelum zuhur dan didampingi oleh Syarifah Aini selaku penanggung jawab program Jurnalistik dan Kelas Menulis di Pesantren Baitul Arqam. 

Santri-santri diajak memahami makna tiga jenis literasi, yaitu literasi baca tulis, literasi sains, dan literasi numerasi. Di tengah-tengah pemaparan dosen, para santri diminta mengisi kuesioner dan beberapa instrumen mengenai tiga literasi di atas. Menurut Cut Mawar, sebagian besar anak terlihat antusias dan menanggapi pemaparan dengan baik. 

Menurut Nazariah yang memaparkan tentang materi literasi sains, memahami literasi harus dengan logis dan runtut.  Muhammad Yani juga menyampaikan mengenai materi-materi literasi numerasi dan mengajak para santri memahami motivasi untuk lebih melek terhadap numerasi. 

Tingkat literasi akan memudahkan perjalanan akademik para santri di masa depan. Termasuk literasi numerasi. Memahami empat konsep dasar dalam numerasi akan membuat seseorang bisa memilih jurusan di perkuliahan kelak.

Kemampuan individu untuk meningkatkan keahlian dalam bidangnya masing-masing, mengungkapkan apa yang dibaca dan dipahami juga merupakan literasi.

Wakil Mudir Pesantren Baitul Arqam, Naufal Hidayat, Lc., ME mengatakan progam pengabdian dosen ini memotivasi para santri untuk lebih giat meningkatkan kemampuan literasi mereka, karena dengan pemaparan para dosen, para santri merasakan kebutuhan akan kemampuan tersebut bagi masa depan mereka.

"Kami dari UNMUHA sudah beberapa kali mengadakan program pengabdian masyarakat dan khusus untuk peningkatan literasi ini, kami sengaja memilih pesantren Baitul Arqam karena ingin dampak pengabdian ini juga langsung dirasakan oleh bagian dari Muhammadiyah itu sendiri. Kami berharap program ini memberikan banyak manfaat sebagaimana kita harapkan bersama." pungkas Nazariah. []
×
Berita Terbaru Update