Notification

×

Iklan ok

Respon Cepat Dinas PUPR Aceh Atasi Abrasi Jembatan Kruengbaru

Selasa, 07 Februari 2023 | 18.22 WIB Last Updated 2023-02-07T11:23:01Z

Gemarnews.com, Blangpidie - Terjadinya abrasi dan longsor penahan abutment Jembatan Kruengbaru di wilayah Aceh Selatan beberapa waktu lalu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh mulai bergerak dan merespon dengan cepat kejadian yang melanda jembatan Kruengbaru tersebut, Selasa (7/2/2023)

Jembatan Kruengbaru merupakan Akses satu satunya Jalan penghubung antara kabupaten Aceh barat daya dan kabupaten Aceh Selatan, sehingga keberadaan jembatan ini di nilai sangat penting sebagai salah satu akses jalur ekonomi dan pembangunan di dua Kabupaten tersebut.

perbaikan tahap awal tanggul abutmen yang amblas dilakukan dengan cara memasang batang pohon kelapa setinggi enam meter di sekeliling abutmen yang amblas supaya badan jalan tidak ikut longsor pasca amblas tanggul abutmen.

"Kita respon cepat tentang persoalan ini, apalagi jembatan tersebut merupakan akses jalan satu satunya, kita kerjakan pemasangan batang kelapa di sekeliling tanggul abutmen yang longsor ini baru ditimbun kembali dengan tanah, setelah ditimbun dengan tanah baru di cor beton," kata Pengawas lapangan Dinas PUPR Aceh Hamdi.

Intensitas hujan saat ini di wilayah pantai barat selatan cukup tinggi hal inilah yang menyebabkan abrasi di jembatan tersebut terjadi, saat ini lalu lintas jalan di jembatan tersebut masih lancar dan masih  bisa  dilalui oleh kendaraan roda 4 maupun lebih.

"Sedangkan di bawah di tepi sungai nantinya akan di lakukan pemasangan batu gajah agar abutmen jembatan semakin kokoh dan di sekeliling jembatan tidak lagi terkikis air disaat debit air sedang tinggi, doakan saja semoga pengerjaannya berjalan lancar" lanjut Hamdi kembali. []


Pewarta : Yasri Gusman
×
Berita Terbaru Update