Notification

×

Iklan ok

Dewan Da'wah Kota Langsa Gelar Madrasah Ramadhan Camp di MTs MIM Langsa

Sabtu, 08 April 2023 | 14.33 WIB Last Updated 2023-04-08T07:33:49Z

GEMARNEWS.COM , KOTA LANGSA - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat, dimana umat Islam melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Pada bulan puasa ini seringkali dimanfaatkan oleh sekolah atau madrasah untuk melakukan kegiatan keagamaan yang sering dikenal dengan pesantren Ramadhan atau pesantren kilat. Begitu pula dengan Dewan Da'wah Kota Langsa bekerjasama dengan MTs MIM langsa yang mengadakan kegiatan Madrasah Ramadhan Camp (MRC) selama 4 hari 3 malam mulai Selasa-Jum'at (4-7 April 2023) dengan tema "Melalui momentum Ramadhan membentuk Generasi Qur'ani yang Berakhlakul Karimah"

Tujuan dari menyelenggarakan kegiatan ini yaitu untuk mengajarkan dan membimbing siswa-siswi MTs MIM Langsa agar dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT serta meningkatkan amalan ibadahnya dibandingkan Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Kegiatan Madrasah Ramadhan Camp ini diisi dengan aktifitas yang sangat bermanfaat diantaranya shalat berjamaah 5 waktu, shalat tarawih, tadarus Al-Qur'an, buka puasa bersama, sahur bersama dan materi keislaman seperti Aqidah, Akhlaq, Manajemen waktu, Fiqh Puasa, Fiqh Shalat, Kaligrafi, Outbound, Muhasabah dan praktek Ibadah.

Peserta Madrasah Ramadhan Camp adalah siswa kelas VII, VIII dan IX yang telah mendaftar untuk mengikuti program MRC yang dilaksanakan di MTs MIM Langsa. Peserta dibagi menjadi 2 gelombang (laki-laki dan perempuan terpisah) dari masing-masing tingkat, yakni kelas 7 , 8 dan kelas 9 dalam kegiatan tersebut peserta MRC diberikan kesempatan untuk bermalam di Asrama Madrasah. 
 
Dalam sambutan, Afrizal Refo, MA selaku ketua panitia pelaksana, mengatakan bahwa seluruh siswa yang mengikuti Madrasah Ramadhan Camp (MRC) berjumlah sebanyak 35 peserta dengan rincian 22 laki-laki dan 13 perempuan dan khusus laki-laki diinapkan di sekolah dan nanti haruslah betul-betul diniatkan untuk tholabul ilmi dan mengikuti kegiatan MRC ini dengan sungguh-sungguh. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan Madrasah Ramadhan Camp siswa-siswi bisa bertambah wawasannya serta dapat diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari,"tuturnya.

Sementara itu Kepala Madrasah MTs MIM Langsa, Nursadhriyah, S.Ag menyampaikan bahwa sangat menyambut baik kegiatan Madrasah Ramadhan Camp yang dilaksanakan ditempat kami ini oleh Dewan Da'wah Kota Langsa. 

Kepala Madrasah Nursadhriyah, S.Ag memberikan motivasi kepada peserta Madrasah Ramadhan Camp (MRC). Kebetulan ini pertama kali siswa madrasah ikut mencoba bermalam dan menikmati fasilitas sekolah.

"Saya mengambil pengalaman dari awalnya anak masuk pesantren, awalnya mereka bilang pesantren biasa saja belajar agama Islam lama-lama akan terbiasa. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sukses dan menjadi anak yang soleh dan solehah, maka dari itu kegiatan MRC menjadi momentum untuk memperdalam ilmu agama dan nantinya dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari hari sehingga dapat membahagiakan orang tua kita semua dengan nilai praktik ibadah yang rajin dan berahklak mulia." Ujar Nursadhriyah, S.Pd selaku Kepala MTs MIM Langsa dalam sambutan pembukaan Madrasah Ramadhan Camp. 

Sementara itu Ketua Dewan Da'wah Kota Langsa, Prof. Dr. H. Iskandar, MCL menyampaikan bahwa kegiatan Madrasah Ramadhan Camp ini adalah bagian dari Program Dewan Da'wah Kota Langsa tahun ini di Bulan Ramadhan. Ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi kepada siswa-siswi dalam menuntut ilmu apalagi saat ini kita memasuki zaman globalisasi yang membuat moral generasi muda makin merosot dan dengan adanya kegiatan seperti ini harapannya dapat membentengi Aqidahnya dan dapat memberikan pemahaman Agama Islam secara mendasar, Ujar, Prof. Iskandar. 

Kegiatan Madrasah Ramadhan Camp diasuh langsung oleh para tutor terbaik lulusan Timur Tengah dan Lulusan Dalam Negeri seperti Dr. Muhammad Dayyan, M.EC (Kaprodi HES PPS IAIN Langsa), Afrizal Refo, MA (Dosen PAI IAIN Langsa), Dr. Nurmawati, MA (Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu LPM IAIN Langsa), Syawaluddin, Lc, MA (Kaprodi HTN Fakultas Syariah IAIN Langsa ), Muhammad Firdaus, Lc., MA (Sekretaris Prodi HES Fakultas Syariah IAIN Langsa ), Muhammad Fauzi, M.Pd (Pengajar Kaligrafi bersanad), Muhammad Iqbal, S.Hum (Lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Sayed Fitri Adhi, Lc (Guru MTs MIM Langsa), Dr. Hatta Sabri, M.Pd (Dosen PBA IAIN Langsa), Sitti Suryani, Lc.,MA (Dosen Fakultas Syariah IAIN Langsa), Muhammad Ihsan, M.Ag (Pengajar MUQ Bustanul ulum Langsa), Ikhsan Hadi, S.Psi (Kawan Kreatif) dan lain-lain. ( * )
×
Berita Terbaru Update