Notification

×

Iklan ok

Seleksi Qiraatil Kutub ke III Jelang MQK- Ke VIII 2023 di Lamongan Jawa Timur, Darul Ihsan Dominasi Sejumlah Cabang

Senin, 22 Mei 2023 | 13.45 WIB Last Updated 2023-05-22T06:46:38Z

Gemarnews.com, Aceh Besar – Jelang  perhelatan  akbar dunia pesantren di Indonesia sebagai rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) diadakan Musabaqah  Qiraatil Kutub (MQK). Demikian juga tahun ini, MQK ke VIII tahun 2023 yang akan dihelat di Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur.

Di bawah bimbingan Dinas Pendidikan Dayah dan  Direktorat Pendidikan Diniyah, Pesantren Kanwil kemenag kerjasama dengan dayah terlihat sejumlah persiapan demi persiapan terus dilakukan. 

“Dimulai Seleksi  Qiraatil Kutub  (SQK) ke III  Tingkat Kabupaten, Kemudian Pelaksanaan Training Center (TC), Seleksi Tingkat Provinsi, yang innya Alllah  juni dan MQK-N di lamongan bulan juli, mendatang” terang Tgk Mustafa Husen Woyla, Wadir Humas dan Kerjasam Darul Ihsan.

SQK Tingkat Kabupaten ini diundang sejumlah dayah salafiah dan dayah terpadu di Aceh Besar, dan juga mengundang santri asal Aceh Besar di sejumlah dayah – dayah di Aceh.

Ada enam cabang yanga akan dilombakan di MQK-N nanti, yakni, Tauhid, Fikih, Ushul Fiqh, Nahwu, Tafsir  dan Akhlak dan telah dilaksanakan seleksi  dan telah di umumkan kelulusan ke tingkat provinsi dan penyerahan hadiah juara dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Mei 2023 di lantai 2 gedung Dekranasda Aceh Besar, Jln. Blang Bintang Lama Gampong Gani, kec. Ingin jaya, Aceh Besar.

Berikut Hasil Seleksi Qira'atul Kutub Perwakilan Dayah Darul Ihsan.

Putra :  Nahwu, T Chairul Ihsan, Juara 1, Akhlak, Jabran, Juara 1 dan Tafsir, Ebrizal Juara 1.
Putri :  Akhlak, Nasywa, juara 1, Tafsir, Rahmatul Husna, Juara 1, Aqidah, Hazira, Juara 2
Nahwu, Zahira, Juara 3, Ushul fiqh, Fatia, Juara 3

“Alhamdulillah Darul Ihsan mengirim sepuluh peserta, delapannya mendapat juara dan juga mendominasi sejumlah cabang,” tambah Tgk Mustafa Woyla yang juga Ketum DPP ISAD Aceh ini.

Sejumlah pihak mengapresiasi;
Kepala Dinas Pendidikan  Dayah  Aceh Besar, Tgk. Adi Darma, SPd., M.Pd, megapresiasi kemampuan para thalabah dari dayah terpadu terutama Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee yang telah mengirim 10 peserta dan dapat menjuarai 8 cabang.

Saya kira ini suatu prestasi yang luar biasa dan membanggakan. Sekali lagi, Selamat kepada keluarga besar dayah Darul Ihsan mudah-mudahan banyak santri-nya yangg akan menjadi duta Aceh Besar di event tingkat Provinsi Aceh yg akan digelar pada tanggal 21-24 Juni 2023 di Hotel Grand Aceh Syariah Lamdom, Banda Aceh mendatang.

Dr Tgk Sirajuddin Saman, MA,  Pimpinan Dayah Khamsatul Anwar, Dewan Juri SQK ke III dan juga dewan pakar DPP Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh ,  mengucap selamat dan mengapresiasi capain luar biasa ini untuk dayah terpadu, dimana mereka ada juga sejumlah pelajaran umum namun dapat mengusai kitab turats, kemungkinan  kuat, ini didukung oleh program bahasa Arab berjalan dengan baik di Dayah Darul Ihsan.  
Semoga para guru pembimbing lebih giat membuat persiapan sampai acara puncak bisa makan soto lamongan di Jatim bersama di sana.

Tgk H Musannnif, ketua yayasan Darul Ihsan Abu Krueng Kalee mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak,  pansel, terutama santri yang mendapat juara dan yang belum mendapat kesempatan juara. 

Tentunya ini kerja keras semua pihak guru, pembimbing dan bagian ekstra yang telah bekerja keras mengantarkan mereka unggul  di sejumlah cabang. 

Harapan kita, jangan cepat puas, dua bulan ke depan sampai MQK N di helat harus siap sudia agar tampil maksimal. []
×
Berita Terbaru Update