Notification

×

Iklan ok

Besok, Jemaah Haji Aceh Kloter Terakhir Terbang Ke Arab Saudi

Minggu, 18 Juni 2023 | 22.11 WIB Last Updated 2023-06-18T15:11:17Z


Gemarnews.com, Banda Aceh - Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-12 akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada Senin (19/6) besok. 

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, mengatakan jemaah haji Aceh kloter terakhir itu akan diberangkatkan dengan maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ), Aceh menuju Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz (MED) Madinah pada pukul 04.05 WIB.

"Jemaah kloter 12-BTJ diperkirakan akan tiba di Madinah pada jam 07.40 Waktu Arab Saudi," kata Azhari, Minggu (18/6).

Menurut Azhari, setiba di Madinah jemaah akan diantarkan ke penginapan untuk istirahat, kemudian langsung diberangkatkan ke Mekah menggunakan bus untuk melaksanakan umrah wajib sebagai rangkaian pelaksanaan ibadah haji tahun ini. "Seperti kloter sebelumnya, jemaah kloter 12 juga mengambil miqat di Zulhulaifah atau biasa disebut dengan nama Bir Ali," ujarnya. Ia menyebut, setelah melaksanakan rukun dan wajib haji di Mekkah, jemaah kloter 12-BTJ akan diberangkatkan kembali ke Madinah untuk melaksanakan salat arbain di Masjid Nabawi. "Selain melaksanakan salat arbain, jemaah juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti melakukan ziarah ke makam Rasulullah Saw dan tempat-tempat bersejarah yang ada di kota Madinah," sebutnya. Azhari menjelaskan, jemaah kloter 12-BTJ merupakan jemaah campuran dari 19 kabupaten/kota di Aceh, selain Aceh Jaya, Aceh Tenggara, Gayo Lues dan Sabang.  "Semuanya berjumlah 258 jemaah. Mereka juga didamping 4 petugas kloter dan 3 Pemandu Haji Daerah," katanya. Lebih lanjut, kata dia, dari 258 jemaah tersebut 183 jemaah merupakan kuota tambahan dan 5 jemaah yang ditunda berangkat bersama kloter sebelumnya, yaitu Supriadi Paimin (kloter 03-BTJ), Ibrahim Ali (kloter 04-BTJ), Dessy Susanti Hasballah dan Nurbaiti M Juned (kloter 09-BTJ) serta Aisyah Abdurrahman (kloter 10-BTJ). "Kuota jemaah haji untuk Aceh awalnya sebanyak 4.378 jemaah. Kemudian dari delapan ribu kuota tambahan yang diberikan Arab Saudi untuk Indonesia, ada 183 jemaah untuk Aceh. kalau dijumlah jemaah kita semua sebanyak 4.561 orang," pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update