Notification

×

Iklan ok

Tim Penilai Lomba Desa dari Kemendagri Turun ke Gampong Mane Tunong

Selasa, 25 Juli 2023 | 17.35 WIB Last Updated 2023-07-25T10:36:30Z


Gemarnews.com, Lhoksukon - Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB Fakhruradhi, SH, MH, menyambut  kunjungan Tim  Klarifikasi Lapangan dari Kementerian Dalam Negeri untuk penilaian lomba desa Tingkat Regional I (Sumatera dan sekitarnya), Selasa, 25 Juli 2023.

Kegiatan itu berlangsung di Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu, di mana gampong (desa) tersebut telah menjuarai Lomba Desa tingkat Provinsi Aceh beberapa waktu lalu. Bahkan saat ini sudah berhasil masuk nominasi 5 besar tingkat Regional I (Sumatera dan sekitarnya) dalam perlombaan yang sama.
Tim dari Kemendagri mendatangi Gampong Mane Tunong untuk melakukan Klarifikasi Lapangan terhadap berbagai kondisi kekinian di gampong dimaksud. Mereka terdiri dari Kepala Subdirektorat Fasilitasi Pengelolaan Perencanaan Pembangunan Desa pada Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Ihram, SH, MM selaku Koordinator Tim, kemudian Dr M Sigit Andi Rahman, PhD (akademisi dari Fakultas Humaniora President University Cikarang), Adi Nugraha, S.Stat (Statistisi Ahli Pertama BKSDN Kemendagri), Agung Hamengku Budi (Tim Leader NMC), Agus Sukandar, SSos (Tenaga Administrasi Ditjen Bina Pemdes Kemendagri), dan Rio Rangga, ST (Tenaga Administrasi Ditjen Bina Pemdes Kemendagri).

Selain Tim dari Kemendagri, pada kesempatan itu juga hadir sejumlah pejabat terkait dari  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh, Asisten I Setdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, para Kepala SKPK dalam Kabupaten Aceh Utara, Tim Penggerak PKK, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Aceh Utara, pejabat Muspika Muara Batu, serta Imum Mukim, Geuchik serta Tuha Peut dalam Kecamatan Muara Batu.

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar dalam sambutannya antara lain mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan beserta rombongan di Kabupaten Aceh Utara, yakni di Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu. Gampong Mane Tunong ini masuk nominasi 5 besar setelah lolos dalam tahap penilaian administrasi Lomba Desa di tingkat Regional I (Sumatera dan sekitarnya). 
“Alhamdulillah diberitahukan bahwa Gampong Mane Tunong berhasil dan berhak mengikuti seleksi Tahap II (klarifikasi lapangan) yang dilaksanakan pada hari ini,” kata Mahyuzar.

Kata dia, prestasi ini diraih tidak terlepas dari prestasi sebelumnya setelah ditunjuk Gampong Mane Tunong menjadi gampong pemenang Lomba Desa tingkat Provinsi Aceh. Jadi, kebanggaan ini tentunya bukan hanya dirasa oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, namun juga kebanggaan Provinsi Aceh, karena hari ini Gampong Mane Tunong tidak hanya mewakili Kabupaten Aceh Utara, namun mewakili Provinsi Aceh.

“Kami sangat mengapresiasi atas kehadiran Ketua Tim Penilaian Lomba beserta rombongan di Gampong Mane Tunong. Semoga dengan kehadiran Tim dari Pusat saat ini dapat membawa berkah tersendiri bagi Pemerintah Aceh dan  Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, dan bagi Gampong Mane Tunong khususnya, sehingga kelak Gampong Mane Tunong menjadi gampong yang lebih baik, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan semoga pada tahapan klarifikasi lapangan ini mendapatkan nilai terbaik,” harap Mahyuzar.

Selaku Kepala Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, lanjutnya, pihaknya sangat mendukung dan memberikan apresiasi dengan diselenggarakannya penilaian dan evaluasi ini, karena hal ini tentu akan semakin memacu gampong untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki serta dapat diperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan gampong pada waktu mendatang.

Perlombaan Gampong berguna untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah gampong beserta masyarakat untuk berlomba secara sportif, positif, dan terintegratif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu, Mahyuzar meminta Kepala SKPK terkait dan geuchik serta seluruh perangkat gampong, agar dapat menfasilitasi dan membantu tugas Tim Klarifikasi Lapangan Kemendagri dengan menghadirkan data-data yang dibutuhkan dan memberikan informasi yang akurat dan terbaik dalam memenuhi semua aspek yang dipersyaratkan, sehingga kita dapat mengantarkan Gampong Mane Tunong menjadi yang terbaik.

Ketua Tim Klarifikasi Lapangan Ihram, SH, MM, mengatakan pihaknya akan melakukan klarifikasi terhadap sejumlah aspek penilaian, meliputi bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, permasalahan desa dan solusinya, potensi dan unggulan desa, inovasi desa, maupun tentang reward yang pernah diterima desa dari Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.(Red)
×
Berita Terbaru Update