Notification

×

Iklan ok

Kabupaten Pidie, Raih Prestasi dan Penghargaan Juara 3 Di Ajang Aceh Culinary Festival 2023

Jumat, 04 Agustus 2023 | 08.24 WIB Last Updated 2023-08-04T10:35:17Z
Dok. foto : Edy Saputra, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pidie, menerima Penghargaan dan Prestasi Juara III Katagori Paviliun Kuliner (Khas kenduri Adat) dengan Tampilan Khenduri Treun U Blang. 


GEMARNEWS.COM, PIDIE -
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, Aceh Kuliner Festival adalah agenda tahunan kuliner di Aceh. Pihaknya mendorong agar Aceh menjadi sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia. Aceh Culinary Festival akan berlangsung sejak 14 hingga 17 Juli 2023 di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh.

Ia menyebutkan, sedikitnya ada 152 UMKM Kuliner dari Aceh, provinsi di Sumatera dan juga perwakilan 9 kabupaten dan kota dari pesisir barat, tengah hingga ke pesisir timur Aceh berpartisipasi pada agenda unggulan Indonesia ini. “Muatan tradisi tetap menjadi pertunjukan utama di Aceh Culinary Festival, mulai dari prosesi adat khanduri laot, Khanduri blang, Khanduri Jeurat hingga Khanduri Naik Rayoh,” kata Almuniza Kamal.


Dok. foto : Ketua TP. PKK Kabupaten Pidie, Ny.Suaidah Sulaiman, Mengunjungi langsung Anjungan Kabupaten Pidie . 

Kabupaten Pidie yang di kenal Sebagai Negeri Kuliner seantero Indonesia , Hampir di Semua Provinsi Masyarakat Kabupaten Pidie menjadi Pedagang, terutama mereka menjual berbagai masakan Khas Aceh, Pidie. 

Cita Khas dan Rasa Kuliner Pidie tidak pernah berubah sehingga banyak di minati masyarakat Luar Pidie maupun masyarakat Internasional , seperti Mie Aceh itu sudah ada beberapa Cabang nya di Jakarta dan Bogor yang di pelopori Bang Iskandar asal Garot, Pidie. 

Kabupaten Pidie juga di Kenal dengan Ragam Khenduri yang menjadi adat Istiadat Budaya warga setempat, Mulai dari Khenduri Maulid, Khenduri ie Bu Blang, Khenduri Beureuat , Khenduri Neujoh , Khenduri Laot,Khenduri Apam, Khenduri Glee dan Khenduri Treun U Blang , Hal ini selalu di laksanakan warga Pidie di setiap momentum ada istiadat, seperti Khenduri Treun U Blang, Biasa sebelum di lakukan Turun Sawah, masyarakat Kabupaten Pidie terlebih dahulu melaksanakan Khenduri Treun U Blang, Sebagai Wujud silaturahmi, Mufakat dan Rasa Syukur akan Nikmat yang Allah berikan untuk memulai turun sawah kembali, Tutur Anwar yang merupakan salah Satu keujrueng Blang Gampong Leuhob Kecamatan Peukan Baro. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pidie, Edy Saputra, yang di dampingi Kabid Parawisata Pidie, Sammi, SP, mengatakan ke ikut sertaan Kabupaten Pidie dalam ajang 
Aceh Kuliner Festival 2023 telah menorek Prestasi, Alhamdulillah kita dapat Juara 3 katagori Paviliun Kuliner (Khas kenduri Adat) dengan Tampilan Khenduri Treun U Blang, 

Atas Raihan Prestasi ini, Kami mengucapkan Terima Kasih atas Dukungan Pj.Bupati Pidie, TP. PKK Kabupaten Pidie dan seluruh Tim yang sudah ikut berpartisipasi menyukseskan Kegiatan Aceh Festival Culinary, 

Sukses Kabupaten Pidie itu juga tidak terlepas turun tangan nya Tim PKK Kabupaten Pidie yang di pimpin langsung Pj. Ketua PKK Kabupaten Pidie, Ny. Suaidah Sulaiman yang mendampingi Tim ,Pungkasnya dengan Nada terharu. 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabuapten Pidie, Ny.Suaidah Sulaiman, mengucapkan Rasa Syukur dan Bangganya atas Pencapaian Prestasi, Mari kita tingkatkan Kekompakan dan kebersamaan Tim menjadi modal utama meraih Prestasi. 

Alhamdulillah, selamat untuk Kabupaten Pidie yang berhasil meraih Juara 3 Katagori Paviliun Kuliner (Khas kenduri Adat). 

Semoga kedepan dapatlah di tingkatkan Prestasi nya, mari Kita jadikan ini sebagai motivasi untuk mengikuti Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) nanti," 

Kemenangan prestasi ini diharapkan dapatlah menjadi pendorong untuk lebih produktif dan kreatif dalam berkontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat.ungkap Ny.Suaidah Sulaiman di Anjungan Pidie Kawasan Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh. ( * ) 





×
Berita Terbaru Update