Notification

×

Iklan ok

IAI Al-Aziziyah Samalanga Kukuhkan 503 Wisudawan dan 125 Cumlaude

Jumat, 10 November 2023 | 01.41 WIB Last Updated 2023-11-09T18:41:23Z


Gemarnews.com, Bireuen – Institut Agama Islam (IAI) Al Aziziyah, Samalanga, Bireuen, Kamis, (09/11/2023) menggelar mewisuda angkatan ke XII tahun ajaran (2023-2024) sebanyak 503 lulusan Strata Satu (S1) dari  berbagai fakultas dan program studi.

Tgk Mursalin, MH Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga mengatakan dalam wisuda yang berlangsung di Kompleks Dayah Jam'iyah Al-Aziziyah (DJA) Kuta Glee Batee Iliek Samalanga, Bireuen sebanyak 125 wisudawan lulus cumlaude.

Alumni Pascasarjana Unimal tersebut mengatakan, lulusan wisuda tahun ini di ikuti tujuh Prodi dari tiga Fakultas dominasi oleh Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 118 orang dan Prodi paling minim wisudawan di tempati Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) 24 orang.

"Wisudawan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang terdiri dari prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) 58 orang, prodi  Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) 24 orang. Selanjutnya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam terdiri dari Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI)  104 orang, Prodi  studi Ekonomi Syariah (Ekos) 72 orang," lanjutnya.

Guru Dayah Jami'ah Al-Aziziyah Samalanga itu menambahkan wisudawan Fakultas Tarbiyah terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)  29 orang , program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)  99 orang  , program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 118 orang.

Ketua Panitia pelaksana Wisuda Angkatan Ke-XII Tgk Zulfahmi, M. Ag mengatakan dari 503.wisudawan sebanyak 125 wisudawan lulus caumlade yaitu dari program studi KPI sebanyak 12 orang, prodi PMI enam orang, prodi HKI 47 orang.

Selanjutnya, guru Dayah MUDI Samalanga itu mengatakan prodi Ekos 42 orang, prodi PBA satu orang, prodi MPI 4 orang dan prodi PAI berjumlah 13 orang. Selebihnya sebanyak 378 orang dari tujuh Prodi dengan predikat sangat memuaskan.

"Clumlaude tahun ini didominasi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam 89 orang dan prestasi ini menyisihkan Fakultas Tarbiyah sebagai pemegang cumlaude terbanyak tahun sebelumnya," sambungnya.

Sidang senat terbuka dipimpin Rektor IAI Al Aziziyah, Tgk Muhammad Abrar Azizi  S Sos M.Sos dan didampingi para senat.

Tgk Zulfahmi menyebutkan sangat meriah dan antusias para wisudawan dan wisudawati juga orang tua mengikuti  prosesi wisuda berlangsung di salah satu ruangan komplek Dayah Jam’iyah Al Aziziyah dihadiri  pendiri Al Aziziyah Abu Syekh Hasanoel Basri HG atau lebih dikenal  Abu MUDI, pembina IAI Al Aziziyah, Dr Muntasir A Kadir MA, para wakil rektor, dekan, dosen dan berbagai unsur lainnya.

Guru senior Dayah MUDI Samalanga itu menyebutkan hadir juga Rektor UIN Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman, MA yang juga Koordinator Kopertais V Aceh, Wakil Koordinator Kopertais Wilayah V,  Prof Dr Syamsul Rijal M Ag menyampaikan orasi ilmiah.

"Kemeriahan wisuda tahun ini juga turut hadir ratusan wali atau pendamping wisudawan dan berbagai unsur lainnya termasuk dari Kecamatan dan perangkat Gampong Batee Iliek, Samalanga, Bireuen," ujarnya. []
×
Berita Terbaru Update