Notification

×

Iklan ok

Dinas Kesehatan Aceh Utara Tekankan Pola Hidup Sehat

Selasa, 27 Februari 2024 | 07.35 WIB Last Updated 2024-02-27T00:35:41Z

GEMARNEWS.COM ,ACEH UTARA - Pemerintah Aceh Utara menargetkan penurunan angka Stunting 14% di tahun 2024 sesuai penetapan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Persoalan Stunting saat ini menjadi persoalan yang penting dalam kesehatan ibu bayi dan balita di Indonesia, tidak terkecuali di Aceh Utara. dari Kemenkes kejadian stunting didefinisikan sebagai sebuah kasus atau masalah kekurangan gizi yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.
 
Masalah gizi buruk ini bahkan berdampak pada gangguan pertumbuhan anak dengan tanda tinggi badan anak yang lebih pendek atau tidak mencapai rata-rata tinggi atau kerdil dari standar tinggi usianya.
 
Melihat masalah tersebut tentu perlu upaya yang dilakukan untuk mencegah meningkatnya kejadian stunting yakni dengan mengedukasi masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Pemberdayaan Rumah Sehat desa/gampong. 
 
Hal ini yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Aceh Utara, dengan melakukan Edukasi PHBS Serta Pemberdayaan Rumah Sehat Desa/gampong Untuk Pojok Wasting (Waspada Stunting ) di Posyandu di wilayah kerja Puskesmas yang diikuti oleh ibu hamil dan ibu yang memiliki balita di sekitar wilayah tersebut. 

Dalam rangka upaya percepatan penurunan stunting di daerah tersebut. Dinas kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifudin, dalam sambutannya saat peninjauan di desa tersebut itu menerangkan.

"Konsumsi sayur dan buah setiap harinya yang tepat saat dalam kandungan sangat membantu tumbuh kembang si buah hati, Agar percepatan penurunan stunting di daerah kita cepat terwujud," terang Amir Syarifudin.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pengetahuan ibuk-ibuk rumah tangga tentang PHBS yang diterapkan pada anggota rumahnya sendiri, mau dan mampu menjalankan kehidupan yang bersih, serta aktif menyampaikan kepada keluarganya yang lain.

Perilaku hidup bersih dan sehat bermula dari rumah. Kemudian merambah pada lingkungan dan komunitas masyarakat. Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah akan menciptakan keluarga sehat dan mampu meminimalisir masalah kesehatan.

Manfaat PHBS di rumah antara lain, setiap anggota keluarga mampu meningkatkan kesejahteraan dan tidak mudah terkena penyakit.pungkasnya
×
Berita Terbaru Update