Notification

×

Iklan ok

Antisipasi Konflik Gajah, Pj. Bupati Pidie Ajak Masyarakat Tingkatkan Hubungan Dengan Alam

Minggu, 24 Maret 2024 | 22.58 WIB Last Updated 2024-03-25T15:58:30Z

GEMARNEWS.COM , PIDIE - Penjabat Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., menyerahkan Alat Pemeliharaan Power Fencing (pagar listrik) kepada Masyarakat Kemukiman Cot Murong Kecamatan Sakti, pada hari Minggu (24/3/2024). Power Fencing merupakan bantuan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Fungsi Power Fencing adalah untuk mengurangi konflik antara masyarakat dengan gajah, sehingga adanya batas habitat gajah dengan pemukiman warga. Pemkab Pidie terus memitigasi agar konflik satwa dengan manusia ini terus mengecil.

Penjabat Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., mengatakan bahwa upaya mengatasi konflik antara Po Meurah (Gajah) dengan manusia harus dilakukan pendekatan Triangulasi. Filosofi Triangulasi ini merupakan bagian akumulasi tata sosial kehidupan masyarakat Aceh. 

Wahyudi menjelaskan bahwa Triangulasi Filosofi adalah representasi dari tiga hubungan esensial yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Aceh khususnya Pidie.

"Semua sudah termaktub dalam filosofi warna kebesaran masyarakat Pidie sebagaimana telah di warisan oleh para indatu-indatu kita terdahulu" ujar Wahyudi.

Ada tiga warna kebesaran dalam kehidupan masyarakat Pidie, Kuning, Merah dan Hijau. 

Ketiga warna tersebut melambangkan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan sesama manusia dan lingkungan sekitar. 

Wahyudi menjelaskan "misalnya, Kuning hubungan manusia dengan Tuhan, merah hubungan sesama manusia dan hijau melambangkan hubungan manusia dengan alam".

Alam ini cakupannya luas, termasuk hubungan kasih sayang terhadap hewan. Anjuran agama pun kita di ajarkan untuk berkasih sayang terhadap hewan.

Mantan Kabinda NTB ini menegaskan bahwa konfrontasi konflik satwa yang dilakukan selama ini adalah kesalahan besar. Untuk mari kita semua berkasih sayang baik dengan manusia, alam dan lingkungan. 

Pj. Bupati Pidie mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama para penyuluh dan tokoh masyarakat agar menyampaikan pesan ini kepada masyarakat bahwa pentingnya mengutamakan kasih sayang dan silaturahim.

Pemasangan Power Fencing ini merupakan bentuk komunikasi antara manusia dengan alam. Bahwa sudah ada batasan antara Po Meurah (Gajah) dengan manusia.

Kawat kejut ini merupakan sarana komunikasi antara Po Meurah bahwa tanda daerah tersebut dilarang masuk.

"Untuk itu, yang terpenting dalam hal ini adalah silaturahim dan kasih sayang, dengan keyakinan dua hal tadi, tidak mustahil Pidie Memimpin Indonesia akan terwujud" tutupnya.

Penyerahan peralatan ini disaksikan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Ujang Wisnu Barata, S.Hut., M.Sc., M.Si., Camat Sakti, Nurmasyitah, S.Ag., unsur Forkopincam, serta para tokoh Masyarakat Sakti.
×
Berita Terbaru Update