Notification

×

Iklan ok

208 Jemaah Haji Pidie Jaya Ikut Munasik Haji, Said Abdullah Ingatkan Jaga Kesehatan

Rabu, 24 April 2024 | 15.28 WIB Last Updated 2024-04-24T08:28:14Z


Sebanyak 208 calon jemaah haji Pidie Jaya mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar di Mesjid Al Munawarah, Meurah Dua, Pidie Jaya, Rabu 24 April 2024/Nasruddin.

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Sebanyak 208 Jemaah Calon Haji (JCH) Pidie Jaya mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji di Masjid Al Munawarah Meurah Dua, Rabu 24 April 2024.

Penjabat (Pj) Pidie Jaya yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Pidie Jaya Said Abdullah, membuka kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan Kementerian Agama Pidie Jaya.

Said Abdullah mengingatkan seluruh JCH bahwa kegiatan bimbingan manasik merupakan wadah persiapan diri jelang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Oleh karena itu, dia meminta para JCH benar-benar memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mendapatkan bekal pengetahuan tata cara ibadah haji, sehingga nantinya saat menjalankan ibadah akan berjalan lancar.

“Apa saja yang belum diketahui atau belum dipahami, silakan ditanyakan kepada instruktur agar memudahkan dalam menjalankan ibadah haji nantinya,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu, Waled Sehat panggailan Said Abdullah meminta para JCH menjega kondisi kesehatan agar dapat mengikuti semua jadwal manasik dari awal sampai selesai.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pidie Jaya (Kakankemenag) Mulyadi, mengatakan bimbingan manasik ini merupakan hak jamaah dalam rangka mendapatkan bekal pengetahuan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Dengan tujuan supaya jamaah dalam melaksanakan ibadah haji berjalan lancar dan khusuk.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama sepuluh hari kedepan," ujar Kepala Kankemenag Pidie Jaya.

Mulyadi menambahkan, calon jamaah haji mendapatkan bimbingan manasik dari para narasumber mulai dari kesehatan, fiqh haji dan umrah, ibadah selama perjalanan dari dalam pesawat, hak dan kewajiban jamaah haji, akhlak dan budaya Arab Saudi.

"Serta hal-hal yang terkait proses pelaksanaan ibadah haji mulai dari Tanah Air, selama di Tanah Suci, hingga kembali ke Tanah Air," tambah ia.

Calon jamaah haji mengikuti bimbingan manasik ini dengan serius hingga akhir agar mendapatkan wawasan dan pengetahuan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Bimbingan manasik ini sangat penting sebagai bekal pengetahuan calon jamaah haji. Kami selalu berusaha agar pelaksanaan ibadah haji khususnya di Kota Tangsel semakin baik tiap tahunnya,"harapnya.

Para calon jemaah haji Pidie Jaya akan berangkat pada kloter ke enam di gelombang kedua, atau pada 2 Juni masuk ke asrama haji di kota Banda Aceh, sebelum berangkat melalui Bandara Iskandar Muda, terangnya.


×
Berita Terbaru Update