Notification

×

Iklan ok

Orphans Kafala Program Pidie Graduation 112 Yatim Penerima Bantuan Beasiswa

Rabu, 24 Juni 2020 | 06.37 WIB Last Updated 2020-06-24T03:10:37Z
Dok.Foto Anak Yatim Binaan Orphans Kafala Pidie


Gemarnews.com - Sigli , Sebanyak 112 Orphans yang tersebar di kabupaten Pidie berhasil meraih predikat kelulusan pada tahun 2020. Semua Yatim tersebut merupakan korban Konflik dan bencana Tsunami Aceh beberapa tahun silam. Orphans tersebut merupakan siswa yang menerima bantuan beasiswa dari Islamic Development Bank (IsDB).

Program beasiswa yatim ini telah berjalan mulai 2007 silam dan masih berlangsung sampai sekarang. "Penyaluran beasiswa Yatim ini langsung diserahkan kepada Yatim melalui Rekening Bank Muamalat atas Yatim yang bersangkutan dengan QQ Ibu kandung atau Wali dari yatim korban Konflik dan Tsunami" ucap Zikrillah.(24/6/2020).

"Pada tahun 2020 ini Orphans Kafala Program (OKP) telah berhasil membantu beasiswa bagi 112 yatim korban Konflik dan Tsunami. Lanjutnya, Besaran beasiswa yang dibantu sebesar Rp. 350.000 perbulan dan langsung di kirim ke rekening Yatim masing-masing, selain itu mereka juga mendapatkan biaya perawatan ketika sakit" ungkapnya.

Selain itu, "mereka juga mendapat bantuan beasiswa $ 30, $ 24 dalam bentuk beasiswa setiap bulan, sedangkan $ 6 berupa bantuan Supervisi, Monitoring, Educational, Health Care, dan Life Skiil".

"Total Yatim yang ada di bawah naungan OKP pada tahun 2020 berjumlah 469 yatim yang sekolah mulai SD sampai SMA/ Aliyah. Pada tahun ini sebanyak 112 Yatim telah di Graduation dan sisanya 357 Orphan" ujar Staf Program dan Data Orphans Kafala Program (OKP)

Mariani Wali Yatim dari Annisa Mulya binti Usman berharap agar Program OKP ini terus berlangsung sampai dengan jenjang Mahasiswa. "Program OKP untuk beasiswa yatim sangat membantu kami untuk membiayai biaya pendidikan mulai dari seragam, perlengkapan sekolah dan kebutuhan lain". Ucapan terima kasih dari Wali Yatim kepada donatur terutama Kerajaan Arab Saudi yang telah membantu beasiswa bagi anak yatim.

Sebagaimana diketahui bahwa Annisa Mulya binti Usman merupakan anak dari korban Tsunami Aceh pada tahun 2004 silam.

Sementara itu Juraida Wali dari Lidia binti Zulkifli berharap agar bantuan beasiswa bagi anak yatim korban konflik ini terus digulirkan, "masih banyak anak-anak yatim lain yang tidak tersentuh beasiswa ini.  Saya berharap agar Pemerintah Arab Saudi untuk sudi menambah kuota anak yatim penerima manfaat dana beasiswa OKP".

Untuk diketahui bahwa Lidia binti Zulkifli merupakan yatim dari korban Konflik Aceh, Ayah nya meninggal pada 21 September 2002 akibat konflik Aceh yang berkepanjangan.

Pada tahun 2020 ini, Yatim yang berada di bawah naungan Orphan Kafala Program (OKP) mendapat bantuan dengan total $ 148,386.87 dengan rincian kegiatan School Kits, Orphans Camp, Computer Course, Medical Reuimbersement,  Nutritional Campaign,  Training Computer, Mechanical Training, Sewing Training. Semua Program tersebut akan kami tuntaskan sampai akhir tahun 2020, ungkap Mantan Aktifis PII tersebut.

Orphans Kafala Program (OKP) merupakan Program Beasiswa bagi anak Yatim Korban Tsunami dan Konflik di Aceh.  Program ini telah berjalan selama 13 tahun  yang di danai oleh Kerajaan Arab Saudi melalui Islamic Development Bank (Iskandar )

×
Berita Terbaru Update