Notification

×

Iklan ok

Pemerintah Aceh Launching Donor Darah ASN

Selasa, 30 Juni 2020 | 15.58 WIB Last Updated 2020-06-30T08:58:01Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Pemerintah Daerah Aceh melalui Plt. Gubernur Aceh melakukan launcing gerakan donor darah Aparat Sipil Negara (ASN) tahap II dan apresiasi sukses donor darah tahap I, di ruang tengah Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa (30/06). Kegiatan gerakan donor darah ASN ini bisa menginspirasi masyarakat luas  untuk turut mendonorkan darahnya.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Plt. Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M.T, Sekda Aceh dr. H. Taqwallah, M.Kes, Asisten I dan Asisten III serta Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny dan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPA) Provinsi Aceh serta rapat ini juga di saksikan oleh ketua umum PMI Pusat Jusuf Kalla, Sekretaris Jenderal PMI Pusat Sudirman Said melalui sambungan video conference.

Kegiatan perdana gerakan donor darah ASN tahap II akan dilaksanakan besok bagi pegawai ASN dan Non ASN kantor Gubernur Aceh yang akan di gelar di Klinik Kantor Gubernur Aceh, Rabu 1 Juli 2020.

Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla pada saat teleconference menyampaikan Jumlah kebutuhan darah secara rata-rata adalah 2 % kantong darah dari jumlah penduduk, kalau aceh kira-kira penduduknya 5.3 juta lebih maka hanya 100 ribu kantong pertahun. 

Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Aceh yang telah melakukan gerakan donor darah ASN “saya berterimakasih kepada Pemerintah Aceh yang telah mengkoordinir ASN untuk melakukan donor darah, semoga menjadi amal ibadah nantinya. Yang saja tahu ASN yang sangat responsive melakukan donor darah adalah bapak-bapak dari Aceh.”

Plt. Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M.T, saat dikonfirmasi menjelaskan “hari ini kita mencanangkan launching gerakan donor darah ASN tahap II. 

Pemerintah Aceh mempunyai 47.000 baik Pegawai Kontrak atau pegawai lain Non-PNS Pemerintah Aceh. 
Terimkasih dan apresiasi saya kepada seluruh SKPA dan jajaran, yang telah berpartisipasi dengan sukarela dalam kegiatan sosial ini. Dengan ini saya meluncurkan gerakan donor darah ASN Pemerintah Aceh tahap II. 

Semoga gerakan ini berjalan dengan sukses dan menginspirasi masyarakat luas  untuk turut mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ASN untuk mengatur dan mengendalikan orang-orang yang ingin mendonor darah dan yang belum mendapatkan informasi tentang donor darah sehingga berminat mendonor darahnya tinggi. Jelas Nova  
Mendegar penjelasan dari ketua PMI Pusat tentang donor darah ternyata perlu 2 % dari jumlah penduduk rasio seadainya ASN yang 47.000 sehari saja bisa mendonorkan darah 100 kantong itu sudah 30 % dari rasio permintaan darah, tapi jika 50 kantong saja sudah luar biasa bisa membantu bapak PMI dalam melaksanakan tugasnya. 

Gerakan ini lebih ke gerakan moral dan gerakan sosial dan kita tahu take line dari pemerintah aceh setetes darah kita adalah kehidupan bagi yang lain. 

Saya menghimbau seluruh stakeholeder untuk mengalakkan donor darah, sebagai suatu kebiasaan sehingga menjadi budaya.

Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny menyampaikan “ini adalah gebrakan yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah Aceh secara masif. Ini perlu di tindak lanjuti dan gerakan ini adalah gerakkan sukarela tanpa paksaan walaupun ada intruksi Plt. Gubernur Aceh dan Sekda Aceh namun pada prinsipnya gerakan ini adalah sukarela.

Target kita dengan adanya ASN berdonor bisa menjaga stok darah yang ada di PMI Banda Aceh untuk bisa di berikan kepada orang yang membutuhkan. (*)
×
Berita Terbaru Update