Notification

×

Iklan ok

PMI Kerahkan Relawan Bantu Korban Banjir

Rabu, 29 Juli 2020 | 13.54 WIB Last Updated 2020-07-29T06:54:49Z

Foto: Personil relawan sedang berada di lokasi banjir

Gemarnews.com, Aceh Jaya - Semenjak hujan mengguyur Kabupaten Aceh Jaya, Senin (27/7/2020), hingga kini mengakibatkan luapan beberapa sungai, dangkalnya muara laut dan tersumbatnya drainase dalam lingkungan pemukiman masyarakat dalam Kabupaten Aceh Jaya, ketinggian air berkisar antara 20 cm sampai dengan 100 cm. 

Personil PMI Kabupaten Aceh Jaya saat ini tersebar di beberapa titik untuk memantau kondisi air hingga ke hilir.

Puluhan relawan dan anggota Palang Merah Indonesia diterjunkan untuk menangani dan membantu para korban akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di  beberapa wilayah di Kabupaten Aceh Jaya.

"Kami telah merespons tanggap darurat dengan mengerahkan sumber daya baik relawan dan peralatan pendukung lainnya untuk membantu pemerintah melakukan penanggulangan atas serangkaian musibah bencana banjir di wilayah Aceh Jaya," kata Ketua PMI Aceh Jaya, Drs. H.T. Irfan TB melalui Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Fajar Diharta, sambungan telepon kepada Gemarnews.com, Rabu (29/7/2020).

Fajar menyebutkan PMI sudah menginstruksikan kepada relawan dan stafnya di kecamatan yang markasnya berdekatan dengan lokasi bencana untuk ikut menurunkan personel membantu penanganan banjir yang terjadi pada senin tersebut.

Selain itu, PMI telah berkoordinasi dengan pemerintah, mengerahkan relawan dan staf untuk membantu proses evakuasi baik manual maupun dengan menggunakan perahu karet dan mengerahkan kendaraan baik rescue maupun tangki air bersih.

"Saat ini personel PMI masih berada di lapangan dan membantu proses assesment dampak kerugian serta memberikan pelayanan kesehatan dengan menerjunkan tim medis untuk melakukan penyisiran (mobile klinik) ke beberapa lokasi pengungsian warga hal ini untuk mengantisipasi dampak penyakit pascabanjir," tambah Fajar.

Untuk penanganan bencana ini, PMI di bawah kendali pemerintah daerah setempat seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta menempatkan personelnya di lokasi-lokasi terdampak untuk antisipasi bencana banjir.

"Kami sudah instruksikan kepada seluruh anggota dan relawan PMI agar meningkatkan kewaspadaan dan bersiaga, karena kondisi cuaca dalam beberapa terakhir ini buruk seperti turun hujan deras yang berpotensi terjadinya banjir susulan," terang Fajar.

Berdasarkan data informasi sementara dampak banjir hampir seluruh Kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Pangkasnya.(nas)



×
Berita Terbaru Update