Notification

×

Iklan

Iklan

Abuwa : Melalui Pertanian Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Kamis, 13 Agustus 2020 | 02.54 WIB Last Updated 2020-08-12T20:11:56Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Demi meningkatkan perekonomian masyarakat petani, Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya melalui Dinas Pertanian dan Pangan terus menggalakkan penanaman komoditi jagung.

Sesuai catatan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie Jaya pada tahun 2020 luas lahan untuk penanaman jagung pada musim gadu ini seluas 400 hektar dan siap panen.

Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya bersama kelompok Petani melakukan panen jagung di Gampong Jeulanga Barat dan Gampong Kumba Kecamatan Bandar Dua, Senin, (12/8/2020)

Bupati Pidie Jaya H. Aiyub bin Abbas (abuwa) mengatakan, pada lahan seluas 400 ha tersebut merupakan hasil binaan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Produktivitas Jagung dikawasan tersebut dapat mencapai 10,2 ton perhektar.

Bupati Pijay juga menyebutkan bahwa benih jagung tersebut merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya bersumber dari Dana APBK 2020.

"Sebelum dilakukan penanaman jagung ini lebih dahulu BPS menghitung produktivitas jagung sehingga mempunyai nilai ekonomi tinggi bagi petani di dua Gampong ini dan kami sudah mengucurkan APBK tahun 2020 untuk mendukung pengembangan jagung di Pijay," Ucap H. Aiyub

Lebih lanjut Bupati Pijay H. Aiyub menambahkan, melihat kondisi pemasaran jagung tidak memiliki kendala yang berarti, nilai jual jagung mencapai Rp 3.100 perkilogram.

Dengan keberhasilan pengembangan jagung di Kecamatan Bandar Dua dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi petani yg bila dikonversikan ke nilai rupiah akan menghasilkan perputaran uang di masyarakat mencapai milyaran rupiah.

"Melihat proses pemasaran jagung tidak mempunyai persoalan menurut informasi pengepul datang menjemput sampai ketempat dengan harga hari ini Rp. 3.100 perkilogram, harapannya dapat mendingkrak perekonomian masyarakat hingga miliyaran rupiah," harap Abuwa panggilan akrab Bupati Pijay

Lanjut H Aiyub, Pemkab Pidie Jaya memberi apresiasi disertai penghargaan yang tinggi kepada Kadistanpang dan staf atas kinerja yang begitu gigih dalam upaya peningkatan produksi pangan khususnya padi dan jagung.

Di hadapan puluhan petani Gampong Jeulanga Barat Bupati Pidie Jaya menyebutkan bahwa pemkab setempat memberi perhatian serius terhadap sektor pertanian pangan.

“Dari amatan saya kecamatan Bandardua dan kecamatan Bandarbaru adalah hutannya jagung dan saya akan memantau sendiri sejauh mana perkembangan kelompok tani dalam mengelola sektor pangan,” imbuh Bupati.

Seperti janji Bupati pada Kampanye Pilkada dulu pihaknya pada priode kedua masa Pemerintahanya akan tetap membangun peningkatan ekonomi bagi masyarakat, Budidaya jagung pasca panen padi merupakan fokus utama dalam mensejahterakan masyarakat dan peningkatan ekonomi kabupaten Pidie Jaya kedepan.

"Dulu priode pertama saya fokus infrastruktur namun pada priode kedua ini seperti janji saya akan membangun penguatan ekonomi melalui pertanian sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pijay," Pungkas H. Aiyub (nas)
×
Berita Terbaru Update