Notification

×

Iklan ok

Awan Arcus Kagetkan Warga Pantai Barsela Aceh

Senin, 10 Agustus 2020 | 23.47 WIB Last Updated 2020-08-10T16:48:48Z
Dok.Foto, Fenomena alam awan Arcus atau biasa dikenal dengan sebutan awan Tsunami [Gemarnews.com]

GEMARNEWS.COM - BLANGPIDIE, Fenomena awan aneh terjadi dibeberapa daerah di Pantai Barat Selatan Provinsi Aceh, termasuk salah satunya Kabupaten Aceh Barat Daya juga digemparkan dengan fenomena alam awan yang menyerupai ombak Tsunami yang pernah menghantam Aceh tahun 2004 lalu.

Awan seperti ombak Tsunami tersebut terlihat jelas di beberapa kabupaten pantai Barat Selatan Aceh, awan yang disebut berjenis Arcus tersebut berbentuk ombak besar, ada bagian awan yang terlihat menghitam dan ada pula yang putih.

BMKG Aceh memberikan penjelasan, fenomena tersebut juga dikenal dengan sebutan awan Arcus atau awan Tsunami. 

“Awan berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami,” jelas Kasi Data BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda, Zakaria, Senin (10/8/2020).

Menurut Zakaria, awan Arcus merupakan bagian dari awan Cumulonimbus (CB), awan ini merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level (single level).

"Awan Arcus juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, bisa juga terjadi kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es," ujarnya.

Selain itu, awan arcus biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit. Dia mengimbau warga tak berada di lokasi terbuka jika melihat awan tersebut.

“Himbauannya, bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” pungkas Zakaria.

Amatan GEMARNEWS.COM, di Kabupaten Aceh Barat Daya fenomena tersebut hanya berlangsung sebentar saja, masyarakat berhamburan keluar rumah menyaksikan awak tersebut terbentang memanjang yang jarang terjadi. (YG)
×
Berita Terbaru Update