Notification

×

Iklan

Iklan

RSUTP Abdya Gelar Pelatihan Pengambilan Sampel Swab Covid-19

Jumat, 14 Agustus 2020 | 18.27 WIB Last Updated 2020-08-14T11:29:02Z
Dok.Foto, RSUTP Abdya bekerjasama dengan UPTD Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Dinkes Aceh melaksanakan pelatihan untuk petugas pengambilan sampel Swab Covid-19.

GEMARNEWS.COM - BLANGPIDIE, Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Aceh melaksanakan pelatihan untuk petugas pengambilan sampel Swab Covid-19, Jum'at (14/8/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung RSUTP Abdya, terlihat para peserta sangat antusias mengikuti semua tahap pembelajaran cara mengambil sampel swab Covid-19 ini. Diikuti oleh 21 Peserta yang terdiri dari 12 tenaga laboratorium RSUTP dan 9 orang tenaga dari Dinkes Abdya serta puskesmas.

Direktur RSUTP, dr. Ismail Muhammad atau yang kerap disapa dr. Ismuha mengatakan, kegiatan tersebut sangat penting dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan petugas pengambilan sampel swab yang ada di Abdya.

"Untuk kita ketahui saat ini pengambilan spesimen swab sangat terbatas di Abdya yaitu hanya 2 orang, sangat kewalahan apalagi sampel yang harus di ambil terkadang banyak dan tidak bisa terambil secara keseluruhan mengingat tenaga petugas sangat terbatas," ungkap dr. Ismuha.

Ismuha juga mengungkapkan, sebelumnya pihaknya meminta kepada Dinkes Aceh untuk diadakan kegiatan pelatihan oengambilan sampel Swab, karena di Abdya petugasnya sangat terbatas.

"Kita saat ini kekurangan petugas pengambilan swab, makanya kita minta diadakan pelatihan ini kepada Dinas Kesehatan Aceh, Alhamdulillah hari ini terlaksana dengan baik," kata Ismuha.

Ismuha kepada GEMARNEWS.COM juga menyampaikan, cepat lambatnya keluar hasil dari sampel swab itu semua tergantung dengan cepat lambatnya petugas bekerja dalam pengambilan swab.

"Kita ketahui bahwa virus Corona ini cepat menyebar, jadi petugas nya juga harus cepat juga dalam melakukan tracking dan pengambilan sampel bagi masyarakat yg dicurigai terkena virus Corona ini, Kegiatan ini hanya dilaksanakan 1 hari penuh dengan harapan semua petugas bisa lebih banyak dan bisa lebih cepat dalam pengambilan sampel swab," jelas Ismuha.

Sementara itu, Kasi informasi bidang penunjang medis RSUTP, Rizwan,M,FR menjelaskan bahwa kegiatan itu dilaksanakan atas dasar permintaan pihak RSUTP kepada Dinkes Aceh yang sudah jauh hari disiapkan untuk meminta pelatihan petugas pengambilan sampel swab.
 
"Rencana ini sudah kita rencanakan sebelumnya, sesuai dengan permohonan dari pihak RSUDTP Abdya", kata Rizwan.

Acara berlangsung dengan baik dan semoga saja dengan adanya pelatihan  ini maka akan semakin cepat pelayanan terhadap masyarakat, apalagi saat ini  jumlah kasus virus Corona sedang meningkat di pantai barat selatan Aceh.

Liputan : Yasri G
Editor : TR
×
Berita Terbaru Update