Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Pijay Serahkan Zakat Fakir Uzur Secara Simbolis

Rabu, 19 Agustus 2020 | 14.28 WIB Last Updated 2020-08-19T07:28:12Z

Wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi Serahkan Zakat Fakir Uzur Secara Simbolis di Aula MPU, Rabu (19/08/2020)

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya menyalurkan zakat kepada 280 fakir uzur dalam Kabupaten Pidie Jaya.

Penyerahan secara simbolis bantuan fakir uzur itu yang bersumber dari dana Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) Pidie Jaya tahun 2020 tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi, SE, M.Si.

Kegiatan dipusatkan di Aula MPU Pidie Jaya (19/08/2020), kepada 40 orang yang merupakan perwakilan Kecamatan.

Acara tersebut turut hadir Kepala Baitul Mal Pidie Jaya, Camat Kecamatan Meureudu, tim penyaluran dan verifikasi dari Baitul Mal dan ikut juga  keuchik serta tokoh masyarakat setempat.

Wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi, SE, M.Si, dalam sambutannya mengatakan kehadiran Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya sebagai lembaga daerah non struktural diharapkan dapat bersinergi dengan pemda, untuk merancang program-program yang menyentuh langsung dalam peningkatan dan penguatan ekonomi umat. 

Waled berharap, zakat yang telah disalurkan tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh para penerima. Terlebih disalurkan saat warga merasakan kesulitan ekonomi karena terdampak pandemi Covid-19.

“Kita mencoba bergerak cepat menyalurkan zakat ini, apalagi ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dimana warga sangat membutuhkannya. 

Karena mereka juga terdampak wabah ini dan merasakan kesulitan ekonomi,” ungkap Walet.

Kepada para wajib zakat (Muzakki), Said Mulyadi menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepercayaan kepada Baitul Mal Pidie Jaya mengelola zakat mereka. Wakil Bupati mendoakan semoga Allah SWT selalu melimpahkan pahala atas amal ibadah para muzakki.

“Kita terus berdoa agar para Muzakki di Pidie Jaya, rezekinya terus meningkat, berkah sehingga semakin banyak warga miskin yang dapat dibantu,” harapnya.

Kepada Baitul Mal, Waled berpesan untuk terus bekerja keras meningkatkan penerimaan zakat. “Sosialisasi dan publikasi penting dalam pengelolaan dan penyaluran zakat untuk menambah kepercayaan para muzakki. Ketika sosialisasi dan publikasi berjalan, akan lahir transparansi sehingga meningkatkan kemauan masyarakat untuk berzakat. Semakin banyak zakat yang dikumpulkan, maka akan semakin banyak mustahiq dapat dibantu,” tutup Waled.

Ketua Baitul Mal Pidie Jaya, Tgk. Marzuki H. M.Ali, SH, mengatakan total zakat yang disalurkan untuk fakir uzur di tahun 2020 mencapai Rp 140 juta atau sebanyak 280 orang fakir uzur dalam Kabupaten Pidie Jaya. 

"Zakat yang disalurkan hari ini, khusus untuk 40 orang fakir uzur, jelas Marzuki saat penyaluran zakat yang dilaksanakan di aula MPU Pidie Jaya.

Untuk penyaluran zakat fakir uzur tersebut tgk Mar menerangkan bahwa di Kecamatan Meureudu 38 orang, Kecamatan Meurah Dua 21 orang, Kecamatan Ulim 28 orang, Kecamatan Bandar Dua 49 orang, Kecamatan Jangka Buya 21 orang, Kecamatan Tringgadeng 41 orang, Kecamatan Panteraja 17 orang, Bandar Baru 65 orang.

Tgk Mar mengungkapkan komitmen Baitul Mal Pidie Jaya untuk memperbesar nilai dan cakupan penyaluran zakat bagi warga yang membutuhkan. 

"Sesuai arahan Wakil Bupati, Baitul Mal harus terus memperlebar sayapnya dalam upaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan," jelasnya.

Bukan hanya penyaluran zakat bersifat konsumtif, tapi juga zakat produktif untuk program lainnya, akan terus dilakukan. Dan tentu itu semua dapat terwujud jika jumlah muzaki atau pembayar zakat terus bertambah.

Kami mengimbau masyarakat baik perorangan maupun perusahaan atau lembaga untuk berbondong-bondong menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal Pidie Jaya,ajak Mar.(nas)


×
Berita Terbaru Update