Notification

×

Iklan ok

Perangi Narkoba, Gampong Harus Berperan

Selasa, 15 September 2020 | 14.30 WIB Last Updated 2020-09-15T07:30:36Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Peredaran narkoba sudah sampai ke lini masyarakat hingga ke gampong. Upaya pencegahan dan pemberantasan ini perlu ditangani bersama, termasuk peran dari pemerintahan gampong.

Pemerintah gampong, menurut Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) AKBP. Werdha Susetyo, SE, tidak bisa tidak dilibatkan. Semua komponen pemerintah gampong perlu terlibat dalam meningkatkan daya tahan keluarga terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Langkah itu, sebagai upaya untuk mewujudkan program Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) yang sudah di canangkan.   

"Semuanya harus terlibat. Apalagi sudah aturan yang jelas telah di keluarkan pemerintah kabupaten melalui Perbub Nomor 38 tahun 2019, terkait P4GN di kabupaten Pidie Jaya," kata Perwira Menengah Kepolisian di Aula Kantor Geuchik Alue Sane Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Selasa (15/9/2020).

Sosialisasi yang dihadiri perangkat gampong Alue Sane, Pengurus IKAN serta masyarakat, Werdha menjelaskan di Bandar Dua sudah ada tiga gampong yang dijadikan pilot project.

Masing-masing gampong Alue Mee, Blang Kuta dan Alue Sane. Ketiga gampong ini dalam catatan BNNK Pidie Jaya merupakan gampong yang menjadi sasaran bersih narkoba (bersinar), ungkapnya.

Gampong merupakan wilayah strategis sebagai jalur penyeludupan dan peredaran narkoba. Karena itu, gampong harus menjadi garda terdepan untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba.  

Bagaimana memaksimalkan keterlibatan komponen masyarakat gampong dalam memerangi narkoba, yakni malakui program gampong Bersinar yang sudah ada regulasinya. Pemerintah gampong bisa dan boleh menggunakan dana desa dalam upaya membantu mensosialisasikan pencegahan dan penyalahgunaan peredaran gelap  narkoba.  

Di akhir pembicaraanya perwira kepolisian Dua Bunga melati ini menekankan kepada perangkat gampong untuk tidak memberikan ruang dan celah kepada bandar dan pengedar di Alue Sane.

Bagi pemerintahan gampong, sambung ketua DPD IKAN Pidie Jaya melalui Sekretaris Iskandar di dampingi pengurus mengatakan sedari awal IKAN komit untuk membantu memerangi pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba di gampong.

"Sekalipun kita cuma membantu sosialisasi dalam pencegahan tersebut," ujarnya.

Keuchiek gampong Alue Sane, M. Rizal M.Jamil, di sela - sela acara penempelan stiker Pidie Jaya Hebat Tanpa Narkoba, mengatakan kepada media gemarnews.com, Alue Sane mengucakan terimakasih kepada kawan - kawan IKAN dan BNNK atas terpilihnya Alue Sane sebagai target gampong bersinar di Bandar Dua.

Kami perangkat gampong akan merealisasikan Peraturan Bupati Nomor 38 tahun 2019 sebagai acuan dalam melaksanakan P4GN di gampong kami.

Sekarang, dengan adanya program gampong Bersinar yang di gagas BNNK, Rizal berharap Alue Sane sebagai program gampong Bersinar yang sekarang baru tiga gampong.  

Sehingga sosialisasi peredaran dan bahaya narkoba ini dilakukan di setiap gampong. Sehingga angka peredaran narkoba di Bandar Dua berkurang. (nas)

×
Berita Terbaru Update