Notification

×

Iklan ok

Sang dokter pahlawan darah

Kamis, 26 November 2020 | 13.16 WIB Last Updated 2020-11-26T06:16:37Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Dr. Ratna Sari Dewi yang lebih sering disapa dr. Ratna merupakan salah satu dokter lulusan Universitas terkemuka di Aceh 
Beliau menamatkan pendidikan S1 sarjana tingkat pertama di Fakultas Kedokteran Unsyiah, dan sekarang mengabdi sebagai kepala UDD PMI Banda Aceh.

Dokter ratna pendonor darah rutin di tempat beliau mengabdi, sudah mencapai 25 kali melakukan donor darah untuk kemanusiaan. Tanpa pandang bulu, semua orang yang meminta darah selalu beliau sumbangkan secara sukarela.

Pengalama pertama dr ratna mendonorkan darah pada saat beliau masih koas di Rumah Sakit Zainal Abidin, pada saat itu dr. Ratna merawat seorang pasien laki-laki paruh baya.
Sudah beberapa hari dalam perawatan pasien yang mengalami perdarahan di pencernaan atau (PSMBA).

Kondisi pasien pada saat itu menurun dan membutuhan darah untuk di tranfusi. 
keluarga pasien sudah berulang kali mencari pendonor namun tidak membuahkan hasil, memang kondisi pada saat itu masyarakat masih enggan melakukan donor darah untuk orang lain, tapi mendonorkan darah untuk keluarga atau sanak famili saja. 

Tentu pada saat itu mencari orang yang secara sukarela mendonorkan darah sangat sulit, apa lagi pasien yang butuh darah berasal dari luar kota.

Karena kelurga pasien tidak ada yang cocok golongan darah maka tidak ada yang bisa mendonorkan darah pasien paruh baya tersebut.
Dihati kecil dr. Ratna saat itu terbesit rasa ingin menolong semua pasien yang beliau tangani supaya cepat sembuh. 

Beliau menawarkan diri mendonorkan darah untuk pasien paruh baya tersebut karena golongan darahnya sama.

Tidak berselang lama beliau langsung bergegas ke UDD PMI untuk melakukan donor darah, mulai dari pemeriksaan Hemaglobin, tekanan darah, Alhamdulillah persyaratan untuk mendonorkan darah terpenuhi.

Setelah mendonorkan darah untuk pasien paruh baya, dr. Ratna kembali ke Rumah Sakit untuk mentranfusikan darah yang beliau donorkan. Setelah tranfusi darah pasien yang beliau rawat kondisinya semakin hari semakin membaik dan akhirnya di perbolehkan pulang.

Dari pengalaman tersebut dr. Ratna terus mengabdi di lembaga kemanusiaan, beliau tergerak hatinya untuk terus membantu saudara-saudara yang sedang membutuhkan darah, seperti pasien thalasemia, pasien operasi, pasien cuci darah dan lain sebagainya. Rasa kemanusian dr. Ratna terus muncul untuk menolong orang-orang yang membutuhkan darah, siapapun yang membutuhkan darah pasti beliau sumbangkan.

Ditempat beliau pimpin sekarang, dr. Ratna memberikan layanan para thalasemia sebelum kerumah Sakit untuk transfusi darah, bisa hubungi layanan call center 08116815800 terlebih dahulu untuk kita siapkan darah, Jelas dr ratna.

Jadi keluarga pasien yang ingin melakukan tranfusi darah tidak harus menunggu lama di Rumah Sakit untuk mendapatkan darah, tidak hanya pasien thalassemia, siapapun yang membutuhkan juga kita layani untuk mendapatkan darah.

Beliau juga menegaskan semua pasien yang membutuhkan darah bisa menghubungi call center UDD PMI Banda Aceh, kami yang akan menghubungi pendonor darah sukarela untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan darah jangan takut mendonorkan darah, karena darah yang kita sumbangkan sangat bermanfaat untuk orang yang membutuhkan. (M)
×
Berita Terbaru Update