Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Sentosa : Peringati Maulid Nabi Dengan Santunan Anak Yatim dan Donor Darah

Minggu, 20 Desember 2020 | 21.12 WIB Last Updated 2020-12-20T14:12:31Z

Santunan Anak Yatim
Gemarnews.com, Pidie - Masyarakat Desa Sentosa, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie,  Mengadakan acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Santunan Anak Yatim dan Donor Darah,Minggu (20/12/2020).

Pelaksanaan perayaan maulid Nabi tahun ini di isi dengan santunan anak yatim dalam bentuk uang tunai, beras, sajadah dan perangkat sekolah dengan total Rp 46.150.000, serta donor darah, ungkap Sekdes Edi Hendrawan, kepada Gemarnews.com.

Lanjutnya “Masing-masing anak yatim yang berjumlah 13 orang mendapatkan uang tunai Rp 3.550.000 di tambah dengan 3 sak beras @15 kg, 1 buah sajadah dan 1 buah tas sekolah”. 

Sementara itu Geuchik Gampong Sentosa, M.Nur dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan santunan ini merupakan tradisi gampong yang terus berjalan di setiap peringatan maulid nabi dengan nominal sumbangan yang terus meningkat setiap tahunnya.  

“Sumbangan berasal dari sedekah warga yang menetap di gampong juga warga perantauan. Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam santunan dan aksi donor darah, semoga mendapatkan pahala di sisi Allah SWT dan semoga para penyumbang dan pendonor diberikan keberkahan harta, usia dan usahanya”, pangkas Geuchik M.Nur.

Kegiatan Donor Darah
Moment ini juga digunakan untuk penggalangan donor darah dari warga gampong setempat dan para tamu undangan, hasil kerjasama PMI Kabupaten Pidie dengan Perangkat Gampong Sentosa.

 “Alhamdulillah dalam terkumpul 25 kantong darah yang akan kita serahkan ke PMI Kabupaten Pidie. Kami sangat terharu atas kerjasama perangkat gampong dan kontribusi sosial warga Sentosa”. Sebut Muhammad Azzikri, S.Kep, Motivator dan Fasilitator PMI Kabupaten Pidie yang juga tercatat sebagai tokoh pemuda Gampong Sentosa.

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Pidie Zakaria HM. Yusuf, SHI.MM yang dihubungi melalu seluler mengatakan “Kolaborasi acara seperti ini dengan memanfaatkan moment maulid Nabi perlu digalakkan dan dapat menjadi contoh bagi gampong lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Kegiatan donor darah sangat berarti bagi kamanusiaan. Donor darah menjadi salah satu contoh spirit berbuat hal yang positif bagi sesama manusia dan sesuai dengan anjuran Nabi yang selalu menyeru untuk bermanfaat bagi sesama insan", lanjutnya.

"karena perlu di ketahui publik saat ini PMI sedikit kesulitan menggalang darah. Sedangkan kebutuhan darah perhari untuk mencukupi kebutuhan yang di butuhkan di rumah-rumah sakit semakin tinggi,  tentunya kami berterimakasih kepada warga gampong Sentosa sudah melakukan infaq darah untuk di sumbangkan bagi yang membutuhkan nantinya, di sela-sela acara (PMI) juga memberikan sedikit paparan sosialisasi manfaat dari donor darah yang belum di ketahui oleh masyarakat luas, " pangkas Pak Zek. 

Acara berlangsung di meunasah gampong setempat yang dihadiri oleh seluruh perangkat gampong dan warga. 

Pantauan awak media Gemarnews.com, turut hadir dalam acara ini, Zufrizal Hunter (Anggota DPRK Pidie dari Partai Gerindra),Bukhari (Imum Mukim Kemukiman Jaman), Tgk. Bahagia (Imum Syik Masjid Baitul A’la Lil Mujahidin, Beurenuen).

Melengkapi kegiatan peringatan maulid nabi, acara kenduri (khauri mulod) makan bersama diadakan siang harinya dengan mengundang warga gampong-gampong dalam Kemukiman Jaman Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie.

Sementara puncak peringatan maulid nabi yaitu Ceramah Da’wah Islamiah akan dilangsungkan pada Selasa, (22 /12) malam harinya dengan penceramah tunggal yaitu Tgk. Nasruddin Abdullah dari Bayu, Aceh Utara. (Red/JS)

×
Berita Terbaru Update