Notification

×

Iklan

Iklan

Penderita Covid-19 yang Sembuh Tambah 68 Orang, 18 Kasus Positif Baru

Kamis, 28 Januari 2021 | 21.22 WIB Last Updated 2021-05-19T08:07:30Z
Dok.foto Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani 



Gemarnews.com , Banda Aceh - Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sembuh di Aceh bertambah lagi sebanyak 68 orang. Kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga bertambah sebanyak 18 orang. Sementara tiga orang yang dilaporkan meninggal dunia merupakan kasus lama, ketiganya meninggal dunia pada akhir tahun lalu dan awal Januari 2021. 

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media massa di Banda Aceh, Kamis, 28/1/2021. 

“Penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh itu merupakan warga Kota Banda Aceh dan warga Kabupaten Aceh Utara” ujar Juru Bicara Pemerintah Aceh yang akrab disapa SAG itu. 

Ia menjelaskan, warga Kota Banda Aceh yang sembuh dari Covid-19 mencapai 60 orang, dan  warga Kabupaten Aceh Utara sebanyak delapan orang. 

Sementara itu, 18 kasus baru yang terkonfrmasi positif terinfeksi virus corona masing-masing warga Kota Banda Aceh sebanyak enam orang, warga Gayo Lues sebanyak empat orang, warga Kabupaten Pidie Jaya dan Aceh Selatan sama-sama dua orang. 

Sedangkan empat orang lainnya yang baru terdeteksi terinfeksi virus corona masing-masing satu orang warga Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Utara, Aceh Tamiang, dan warga Kabupaten Aceh Tenggara, urai SAG. 

Selanjutnya, ia mengucapkan selamat  kepada 68 orang yang sudah senbuh. Mereka penyintas baru Covid-19 dan hendaknya  dapat menceritakan pengalamannya terinfeksi virus corona dan pebgalaman dirawat di rumah sakit maupun yang isolasi mandiri. 

Ia juga berharap agar 18 penderita baru dapat menjalani perawatan dengan baik dan benar dengan mengikuti semua prosedur medis yang dianjurkan dokter dan para tenaga medis. Para keluarga penderita dan teman dekat serta sejawat dapat mendukung proses penyembuhannya agar segera pulih kembali. 

“Dukungan dan doa dari keluarga dan para sahabatnya sangat membantu psikologis pasien dan dapat mendukung percepatan penyembuhannya,” tutur SAG. 

*Kasus Kumulatif * 

Selanjutnya, seperti biasa, Jubir SAG melaporkan kasus kumulatif Covid-19 di Aceh, sejak kasus pertama diumumkan, pada 27 Maret 2020 silam. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara akumulatif di Aceh sudah mencapai 9.181 orang. Penderita yang sembuh sebanyak 7.828 orang, dan 377 orang meninggal dunia. 

“Pada data akumulasi kasus meninggal tampak bertambah sebanyak tiga orang dari total kasus kemarin yang masih 374 orang,” katanya. 

Ia menjelaskan, ketiga kasus meninggal dunia tersebut bukan baru kejadian melainkan kasus -kasus lama yang baru dilaporkan pada rekonsiliasi data kematian Covid-19 di Aceh.  

Ketiganya merupakan warga Kabupaten Pidie Jaya, masing-masing nama inisialnya SM (60 tahun), perempuan, dan meninggal pada 1 Oktober 2020. Kemudian H.A (71 tahun), laki-laki, dan meningal pada 1 November 2020. Selanjutnya, inisial Has (75 tahun) laki-laki, dan meninggal pada 16 Januari 2021, urai SAG. 

Lebih lanjut  ia melaporkan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sudah sebanyak 648 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 24 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 572 sudah selesai isolasi, dan 52 orang meninggal dunia. 

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 6.272 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.096 orang sudah selesai masa isolasi, 115 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 61 orang isolasi di rumah sakit.
×
Berita Terbaru Update