Notification

×

Iklan ok

Anggota DPR- RI PKB HRD Tampung Aspirasi TA, PD, dan PLD Bireuen

Minggu, 21 Februari 2021 | 08.00 WIB Last Updated 2021-02-21T01:00:35Z
Gemarnews.com Bireuen- Anggota DPR RI Komisi V Fraksi PKB H Ruslan M Daud, SE (HRD) menggelar silaturahmi dengan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) P3MD Kabupaten Bireuen berlangsung di Rumah Aspirasi HRD, Cot Gapu Bireuen, Sabtu (20/2/2020) sore.


Momen silaturahmi dalam rangka "Implementasi Undang undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Guna Menyerap Aspirasi Masyarakat Kabupaten Bireuen tersebut, HRD berharap agar pendamping desa khususnya yang bertugas di Bireuen tetap mempertahankan kinerja dalam mendampingi desa sesuai tupoksi masing masing. Meski gaji TPP yang belum dibayar hingga saat ini, sudah kita konfirmasi ke Kemendes akan ditransfer dalam waktu dekat. Keterlambatan ini karena ada perubahan regulasi. Namun demikian ia berharap agar TPP tetap berkerja dalam mendampingi desa


"Kinerja selaku Pendamping agar tetap dijaga dan ditingkatkan. Saya tahu, gaji belum ditransfer, dan ini tidak perlu ditanyakan lagi," kelakar HRD disambut aplaus para TPP.


"Kami sudah konfirmasi ke Kementrian, Insya Allah akan di tranfer dalam beberapa hari kedepan. Keterlambatan ini karena ada perubahan regulasi, sebelumnya ditangani Satker Provinsi, tahun 2020 sudah diambil alih langsung oleh Badan dibawah Kemendes PDTT," terang H Ruslan.


HRD juga menambahkan, agar TPP juga membantu jalannya bermacam program di Komisi V, baik di Kementerian Perhubungan, Kementrian PUPR apalagi di Kementerian Desa PDTT yang merupakan induk TPP seluruh Indonesia.


"Saya mengajak para TPP untuk turut mendukung jalannya program program Kementerian PUPR yang ada di sejumlah titik di desa- desa, seperti PISEW, Saluran P3AI, Bedah Rumah BSPS yang tahun ini di Kabupaten Bireuen mencapai seribuan unit.  Selain membawa manfaat bagi masyarakat penerima juga akan menyerap tenaga kerja melalui pola Padat Karya Tunai dan menyerap skil pada tenaga pendamping rumah BSPS," ungkap HRD dihadapan TA, PD dan PLD yang berhadir. 


Dia juga menambahkan selain program dari Komisi V,  di Komisi lain seperti Beasiswa, BLK, Pengadaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), juga turut direalisasikan di Bireuen guna membantu masyarakat. 


"Mari sama sama kita bantu membantu dalam bekerja sesuai tupoksi masing masing agar tercapai out put, yakni mensejahterakan masyarakat dengan terealisasinya Dana Desa. Sesuai dengan tujuan UUD Desa Nomor 6 Tahun 2014," harap mantan Bupati Bireuen 2012-2017.


Amatan Awak media puluhan TPP Bireuen yang memenuhi lantai III Rumah Aspirasi HRD tetap menjalankan Prokes Covid-19 tersebut, selain dari TA Kabupaten, beberapa diantaranya dari PLD dan PD lokasi tugas Kecamatan Peusangan, Simpang Mamplam, Juli, Jangka, Kota Juang, Gandapura dan Jeumpa, ikut larut dalam dialog langsung dengan HRD, seputar unek unek selama beberapa tahun pendampingan di desa dan berharap adanya Peningkatan Kapasitas/ Bimtek untuk Pendamping Desa.


"Terkait  Bimtek, ini suatu kebutuhan untuk peningkatan kapasitas dan penyegaran bagi TPP. Bila perlu kita mohon kepada Menteri Desa Bapak Abdul Halim Iskandar untuk mengundang TPP ke Jakarta, nanti akan saya hubungi beliau bagaimana tanggapannya," sebut HRD yang juga teman dekat Mendes Abdul Halim Iskandar, juga abang kandung dari Ketua Umum DPP PKB.


"Semua harapan dan usulan dari TPP tadi, akan disusun jadi draft untuk bahan kami diskusi dengan Kemendes, bila ada kendala dalam pendampingan dilapangan mohon disampaikan ke kami dan akan dibicarakan dengan Kementrian Desa PDTT selaku salah satu mitra kerja kita di Komisi V," tutup HRD. [*]
×
Berita Terbaru Update