Notification

×

Iklan ok

BPP Sawang Kembangkan Varietas Padi Lokal

Senin, 22 Februari 2021 | 22.42 WIB Last Updated 2021-02-22T15:42:40Z

Gemarnews.com, Aceh Selatan - Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan Berhasil mengembangkan bibit varietas lokal sebagai bentuk membangun ketahanan pangan pada masa pandemi Covid-19.

"Masa Pandemi ini kami di BPP Sawang mencoba membandingkan bibit Varietas Chiherang dengan Bibit Unggul Padi Lokas, ternyata varietas bibit lokal lebih bagus hasilnya sehingga akan menjadi langkah kami mengembangkannya kedepan", Kata Kepala BPP Sawang Syafrizal Ismail, senin, (22/2/2021) 

Menurutnya, sebagai salah satu bentuk penguatan ketahanan pangan masyarakat pada masa pandemi pihaknya bersama petani terus melakukan inovatif untuk mengembangkan bibit lokal sehingga menjadi produk yang bernilai tinggi.

"Pada masa pandemi ini kami bersama masyarakat terus berinovasi menciptakan produk lokal yang berdaya saing sehingga mempunyai nilai tinggi untuk disalurkan pada masyarakat," sebut Safrizal.

Dari hasil uji dimana keunggulan dari bibit padi unggul varietas lokal sangat cocok dengan kondisi lahan di kecamatan Sawang, pihaknya berharap petani untuk terus melakukan pengembangan bibit lokal tersebut sebagai bibit unggulan.

"Jika ini berhasil kita diharapkan masyarakat untuk dapat gembangkan bibit ini sebagai bibit padi unggulan petani di Aceh Selatan," ungkap Safrizal

Kepala Dinas Pertanin Aceh Selatan Yulizar menyampaikan, apresiasinya kepada BPP Sawang dan petani yang telah mengembangkan bibit varietas lokal sebagai modal pengembangan bibit padi di Aceh selatan dan pihaknya kedepan akan mendukung sarana dan prasarana pendukung pengembangan bibit tersebut.

"Saya sangat mendukung dan apresiasi pada seluruh petani juga dibantu oleh BPP Sawang dalam pengembangan Bibit unggulan varietas lokal khususnya di Gampong Mutiara ini," Ujar Yulizar

Kedepan kata Yulizar, persaingan pengembangan bibit padi menjadi persaingan besar untuk pemasaran, jika tidak dimulai maka Aceh Selatan akan ketergantungan bibit dari daerah lain, harapannya khususnya untuk petani Gampong Mutiara dapat mengembangkan bibit itu sebagai komonditi terbesar bagi masyarakat Aceh 

"Saya berharap bibit varietas lokal ini dapat dikembangkan sebagai hasil dari masyarakat Gampong Mutiara untuk seluruh petani sawah di Aceh," harap Yulizar. (*)
×
Berita Terbaru Update