Notification

×

Iklan ok

Kementan Alokasikan 3 Triliyun Dana KUR ke Aceh

Senin, 08 Februari 2021 | 14.46 WIB Last Updated 2021-02-08T07:46:29Z
Dok.foto Muslahuddin Daud, Direktur Utama PT Mitra Agro Kreatif bersama 
Kementrian Pertanian melalui Direktur Pembiayaan KUR Pertanian 


Gemarnews.com ,Banda Aceh -Kementrian Pertanian melalui Direktur Pembiayaan KUR Pertanian melakukan sosialisasi kepada pemangku kepentingan di Aceh. Serangkaian sosialisasi dilakukan dengan Pihak Bank Syariah Aceh, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan beberapa koperasi dan perusahaan. 

Muslahuddin Daud, Direktur Utama PT Mitra Agro Kreatif  yang ikut hadir dalam pertemuan di Bank Aceh mengatakan bahwa tahun 2021 pemerintah mengalokasikan 70 Triliyun Pertanian. Ini meningkat dari jumlah tahun lalu 50 triliyun  Team Leader dalam sosialisasi ini IR, Indah Megahwati, Direktur Pembiayaan, mengatakan bahwa untuk provinsi aceh dialokasikan 3 triliyun untuk 2021, dimana 2 triliyun diperuntukan untuk tanaman pangan hortikurtura dan peternakan, sementara 1 triliyun diperuntukan untuk KUR alat dan mekanisasi pertanian. 

Dalam waktu dekat kementrian pertanian akan mengeluarkan Permentan KUR 2021 yang merincikan secara teknis sistem pencairan KUR ini. 

Ibu direktur mengatakan salah satu model yang akan diterapkan adalah adanya lembaga Off Taker yg menjembatani proses antara perbankkan dan petani. Kebijakan ini diambil atas hasi evaluasi seluruh proses pencairan KUR Pertanian di Indonesia. 

Dalam sosialisasi di Bank Aceh Syariah berhasil dilakukan perjanjian awal ( MoU) antara pihak BAS dengan calon OFF Taker, Koperasi Produsen Maju Jaya Beusare, Aceh Agro Creatif Coops dan PT. Mitra Agro Kreatif. MoU ini ikut ditandatangani oleh Ibu Direktur. ( 08/02/21).

Dirut Utama PT MAK, berharap agar dana ini bisa segera dicairkan. 

Dirut Utama BAS, Haizir Sulaiman, menyambut baik program ini, dan berharap ada margin subsidi dari pemerintah dari proses selama ini secara konvensional menuju syariah.

Dalam pertemuan tersebut juga hadir, Bapak Erly Hasyim Bupati Simeulue yang sudah pernah mengajukan KUR ini tahun yg lalu berharap segera dikucurkan terutama KUR untuk Alsintan .
×
Berita Terbaru Update