Notification

×

Iklan

Iklan

Kesbangpol: Covid-19 Tak Bisa Hanya Ditangani Pemerintah, tetapi Juga Ormas

Kamis, 11 Februari 2021 | 14.05 WIB Last Updated 2021-02-11T07:05:08Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Organisasi Masyarakat (Ormas) dinilai memiliki peran penting dalam membantu upaya Pemerintah mengatasi pandemi Virus Corona (Covid-19).

Hal ini disampaikan Kabid Ketahanan Ekonomi Sosbud dan Ormas, Kesbangpil Aceh, Musmulliadi, saat berbicara dalam Focus Group Discussion (FGD) di Aula Kesbagpol Pidie Jaya, Kamis (11/2/2021).

FGD Kesbangpol itu mengusung tema 'Peran Ormas Dalam Menghadapi Covid-19.'

"Peran ormas ini sebenarnya sangat penting, tinggal bagaimana membangun komunikasi yang baik antara pemerintah dan ormas," ucap Muliadi dan diiakan Diana Purmasuri Kasubid Ormas Kesbangpol Aceh.

Kita mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) menjadi agen sosialisasi dan edukasi dalam upaya menyudahi pandemi Covid-19 menuntut peran serta keterlibatan semua elemen.

“Banyak hal yang harus dimulai dengan keterpaksaan, tapi semangatnya adalah itu kita harapkan menjadi sebuah kebutuhan yang kita terapkan sehari-hari,” pangkasnya Kabid ini.

Sangat disayangkan kadangkala keberadaan ormas disepelekan Pemerintah.

Khususnya dalam membantu mengerjakan program-program yang dicanangkan Pemerintah untuk masyarakat.

"Kadang-kadang problem Pemerintah dalam konteks pembinaan suka menyepelekan ormas," ucap Zikrillah dari perwakilan Pemuda.

Padahal di momen-momen krisis akibat situasi Covid-19 ini peran ormas justru sangat penting.

Ormas adalah satu wadah yang memang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Setiap lingkup masyarakat yang belum tersentuh Pemerintah, lanjut Zikri, sejatinya hanya bisa disentuh Ormas.

"Peran Ormas dalam situasi Covid-19 ini sangat sentral, bagaimana posisi-posisi kita ini bisa mengisi ruang-ruang kosong yang tidak tersentuh oleh Pemerintah," tutup dia. (nas)









×
Berita Terbaru Update