Notification

×

Iklan

Iklan

Relawan Tagana gampong Aceh barat daya terima bantuan tenda Posko

Jumat, 05 Februari 2021 | 13.52 WIB Last Updated 2021-02-05T06:52:29Z

Gemarnews.com, Blangpidie - Jumat ( 5/2/2021) Penanggulangan bencana saat ini semakin penting, terlebih dengan melibatkan Masyarakat dalam penanggulangan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Saat ini berbagai wilayah Indonesia sedang menghadapi bencana yang menimbulkan kerusakan materil, infrastruktur hingga korban nyawa manusia yang cukup besar, 
Contohnya wilayah  sulawesi Barat, Kalimantan barat hingga kepelosok negeri kabar bencana silih berganti hingga hari ini.

Indonesia bahkan sering dikatakan sebagai negara supermarket bencana, cukup komplek baik bencana alam maupun bencana sosial, semua jenis bencana ada di Indonesia.

Tahap pra (sebelum)  bencana merupakan hal sangat penting untuk mengurangi resiko bencana, meskipun sampai saat ini belum ada yang bisa menghentikan bencana, ide pemikiran ini lahirlah gagasan pembentukan relawan tagana Gampong / desa di seluruh kabupaten Aceh barat daya.

Gagasan itu lahir karena pertimbangan bahwa yang paling berdampak terkena bencana adalah desa, perlu dibentuk relawan Gampong ini menunjukkan bahwa kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana sudah siap, sehingga mereka mampu menjadi yang terdepan dalam membantu masyarakat sambil menunggu bantuan kabupaten / kota bahkan provinsi.

Aceh barat daya saat ini sudah membentuk relawan tagana Gampong di 152 desa dengan jumlah total 456 relawan Tagana Gampong tersebar di seluruh 9 kecamatan dalam kabupaten Aceh barat daya.

Plt. Kepala dinas sosial Abdya Liza marfandi S. STP mengatakan kepada gemarnews, program ini penting sebagai tahap pra bencana dan mitigasi bencana berbasis masyarakat.

" Ini penting sekali di tahap pra bencana kita lakukan mitigasi bencana berbasis masyarakat, ini adalah perintah dari bapak bupati dan wakil bupati Abdya, agar masyarakat di bantu untuk memberi penguatan khususnya relawan Tagana Gampong yang sudah di bentuk beberapa waktu yang lalu" katanya Liza .

Sebagai lanjutan dan mendukung kegiatan Tagana di semua wilayah kecamatan hari ini dinas sosial Abdya dan Tagana abdya, menyalurkan 1 unit tenda sebagai sarana operasional tenda posko jika terjadi bencana di wilayah kecamatan dalam kabupaten Aceh barat daya.

Pembina Tagana Abdya Muslizar MT mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada kementrian sosial RI melalui dinas sosial Abdya yang sudah memberikan bantuan 1 unit tenda kepada seluruh relawan tagana di semua kecamatan dalam kabupaten Aceh barat daya.

" Terima kasih Kemensos RI dan dinas sosial Aceh sudah membantu tenda posko, tentunya ini sangat bermanfaat untuk tugas kemanusiaan tagana dilapangan" kata Muslizar MT selaku pembina Tagana  dan wakil bupati Aceh barat daya.
×
Berita Terbaru Update