Notification

×

Iklan

Iklan

Siapkan Program Sigupai Mambaco, Ajarkan Anak Mengenal Bencana

Minggu, 14 Februari 2021 | 20.03 WIB Last Updated 2021-02-14T13:03:03Z

Gemarnews.com, Blangpidie - Minggu (14/2/2021) Indonesia sedang menghadapi banyak sekali bencana sehingga pengenalan bencana sejak dini sangat diperlukan. Salah satu program yang berjalan setahun dua kali di Sigupai Mambaco adalah minggu Inspirasi.


"Minggu Inspirasi ini merupakan kegiatan pengenalan profesi terhadap anak-anak. Sejak 2018 profesi yang sudah diperkenalkan adalah guru, ahli bahasa, dokter gigi, fasilitator dan sekarang kami memperkenalkan profesi Tagana (Taruna siaga bencana). Tujuannya adalah agar anak-anak paham bahwa ada profesi yang tidak digaji tapi terus ikut bekerja selain itu paham betul langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana" Ujar Nita, salah seorang pengurus sigupai mambaco

Lebih lanjut Nita menyatakan bahwa "Kami membuat Minggu Inspirasi ini agar profesional mau melihat kembali adik-adik penerus bangsa yang masih di SD. Barangkali kegiatan ini dampaknya tidak terlihat langsung, tapi minimal ini salah satu usaha menggecilkan tingkat putus sekolah setelah SD"

Kegiatan yang berlangsung Minggu (14/2/2021) di Base camp sigupai Mambaco, desa Tangah kecamatan Susoh ini dihadiri oleh 17 peserta yang masih SD dan 1 mahasiswa.

"Salah satu tujuan kegiatan minggu inspirasi tentang mengenal profesi Tagana merupakan tanggung jawab kita untuk bisa mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya bencana. Oleh karena itu, edukasi terhadap mitigasi bencana harus menjadi prioritas, sehingga pemberdayaan anak usia sejak dini untuk memahami mitigasi bencana merupakan langkah awal dalam membangun masyarakat sadar bencana khususnya kepada anak- anak." Ungkap Adiyanto yang menjadi pemateri kegiatan Minggu Inspirasi tersebut.

Kegiatan ini diharapkan menjadi jembatan penghubung dan berguna baik untuk yang memberi materi, penerima materi dan pengurus sendiri. Semoga semakin banyak yang peduli dengan pendidikan. (YG)
×
Berita Terbaru Update