Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Pusikom UNIKI Isi Materi Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Website Gampong

Jumat, 09 April 2021 | 15.16 WIB Last Updated 2021-04-09T08:16:07Z

Gemarnews.com l Bireuen - Selama tujuh hari, 5 – 11 April 2021, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar pelatihan Jurnalistik Dasar & Pengelolaan Website Gampong Bagi Operator Gampong se-Kabupaten Bireuen, di Ruang Seminar dan Lab Komputer Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI)., Blang Bladeh, Jeumpa, Bireuen.

Salah satu mata acara atau materi pada hari ketiga adalah Peningkatan SDM di era digital dengan pengelolaan web gampong.Id yang disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi dan Komputer (Pusikom) UNIKI, Teuku Irfan Fajri, S.Kom., M.M.S.I.

Dalam penyampaiannya di hadapan 75 peserta pelatihan yang merupakan perwakilan dari operator kantor desa atau gampong se-Kabupaten Bireuen, Irfan menyatakan bahwa kini saatnya kita memasuki Era Digital. Yaitu suatu kondisi kehidupan atau zaman dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi dengan bantuan computer dan jaringan.

Perkembangan era digital, sebut dosen Multimedia program studi Teknik Informatika UNIKI ini, sudah mulai dimanfaatkan dalam urusan di bidang komunikasi, aplikasi untuk berbisnis, finansial teknologi ataupun e-commerce.

Informasi Gampong yang awalnya terletak pada Papan Informasi Gampong, Sekarang dapat di akses melalui Website Gampong.ID Seperti Kegiatan di Desa, Infografis Desa, dan sebagainya.
Oleh karenanya, lanjut alumni magister manajemen system informasi Binus Jakarta ini, era digital yang saat ini diperankan di gampong, ditandai adanya Media Online, yang menyampaikan Website Berita, Jejaring Sosial, Website Gampong, dan tidak menutup kemungkinan kemudian secara cepat berlaku kondisi masyarakat untuk berbelanja pun bisa lewat aplikasi online. Hal ini sudah tidak aneh di perkotaan.

Irfan menyatakan, memang di satu sisi ada dampak positif adanya Era Digital, seperti mudahnya berkomunikasi, Mobile dan Fleksibel, Internet Lebih berkuasa dari pada pulsa, mudahnya berbelanja, tidak perlu Ribet dan Cashless.

Demikian pula dalam pekerjaan administrasi dan pendataan di desa atau gampung, dengan adanya seseorang yang mengelola dan aktif mengakses informasi dalam website gampong akan memudahkan kebijakan diambil aparatur gampong dan di pihak lain masyarakat mudah memperoleh informasi terkini.

Website gampong.id merupakan website yang dirancang oleh Pemerintah Aceh dan diperuntukkan bagi gampong-gampong di provinsi Aceh, hanya dapat diakses secara online melalui browser yang tersedia di perangkat seseorang, baik melalui desktop maupun smartphone, lanjut Irfan.

Website tersebut diperuntukkan khusus untuk mengelola pemberitaan kegiatan dan informasi yang tersedia di gampong. Informasi kegiatan dikelola oleh beberapa level pengguna, ditunjuk oleh pemerintah gampong yang disebut operator dan akan memiliki kewenangan dan hak akses yang berbeda ketika mengelola informasi gampong, pungkas Irfan. (*/UNIKI)
×
Berita Terbaru Update