Notification

×

Iklan

Iklan

Peduli petani, desa geulanggang Batee bagi pupuk dengan sumber anggaran dana desa tahun 2021

Sabtu, 17 April 2021 | 16.06 WIB Last Updated 2021-04-17T09:06:12Z

Gemarnews.com, Blangpidie -  musim tanam sudah mulai di wilayah Aceh barat daya ditahun 2021, para petani mulai menggarap sawah mereka setelah beberapa bulan sebelumnya pasca panen, Sabtu (17/4/2021)

Desa geulanggang Batee kecamatan lembah sabil kabupaten Aceh barat daya memiiki luas lahan persawahan lebih kurang 30 Ha dan hampir sebagian masyarakat desa geulanggang Batee adalah petani sawah atau padi 

Berdasarkan hasil musyawarah Gampong geulanggang Batee kecamatan lembah sabil kabupaten Aceh barat daya, tentang pengadaan pupuk petani Gampong yang bersumber dari dana desa tahun 2021 maka disepakati jumlah dana yang di plot dalam APBG sebesar 45.000.000 (empat puluh lima juta rupiah).

Keuchik atau kepala desa geulanggang Batee Ismail, S.Pd mengatakan kepada gemarnews.com  bahwa program pupuk yang bersumber dari APBG 2021 ini merupakan upaya kita untuk membantu petani dalam menghadapi gardu tanam (GT 2021) juga ikut mendukung program desa tangguh untuk ketahanan pangan di desa geulanggang Batee.

" Kita sudah sepakat berdasarkan hasil musyawarah dengan aparatur desa lainnya di desa geulanggang batee dalam hal pengadaan pupuk ini, tentunya akan membantu petani pada musim tanam tahun 2021 ini, kita juga ikut mendukung program desa tangguh dalam hal ketahanan pangan di desa geulanggang Batee, perlu diketahui juga bahwa desa geulanggang Batee ini merupakan desa yang dipilih dari kabupaten Aceh barat daya sebagai desa tangguh pangan" kata ismail.

Adapun jenis pupuk yang di bagikan ke Patani adalah pupuk NPK plus yang di bagi untuk 150 per rumah kepala keluarga berdasarkan data.

Pupuk ini sendiri berjumlah 22 sak yang diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik.
Sedangkan untuk jenis pupuk mutiara @ 16. 16 berjumlah 35 kotak akan di bagi rata sesuai dengan data yang ada, namun untuk jenis pupuk mutiara ini belum sampai dari supliernya.

Camat kecamatan lembah sabil T.Syahir S. Pd berharap kepada masyarakat yang menerima pupuk ini, agar bisa benar benar digunakan dengan baik sesuai harapan.

" Pupuk sudah kita bagi kepada masyarakat dengan besar harapan agar digunakan sesuai dengan peruntukkannya, kita berharap jangan ada penyalah gunaan pupuk ini sehingga mengakibatkan kerugian bagi petani di desa geulanggang Batee" kata pak camat T. Syahir.

Pembagian pupuk ini juga disaksikan oleh pihak dari TNI dan Polri serta unsur muspika lainnya serta aparatur desa geulanggang Batee. (*)
×
Berita Terbaru Update