Notification

×

Iklan

Iklan

SMP PKPU Aceh, Adakan Workshop Gerakan Literasi dan Jurnalistik bagi Guru

Sabtu, 10 April 2021 | 20.32 WIB Last Updated 2021-04-10T13:32:28Z

Gemarnews.com, Aceh Besar - SMP PKPU Aceh, sebagai salah satu SMP Swasta favorite dan paling banyak diminati di kawasan Aceh Besar, khususnya Kecamatan Mesjid Raya mengadakan Workshop Gerakan Literasi dan Jurnalistik bagi Guru.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (10/4/21) yang diadakan di Aula sekolah dengan mengundang langsung Ketua Literasi Aceh Besar, Rusydi, S. Ag. sebagai pematerinya.

Kepala sekolah, Dina Setiawati, M.Pd mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Nasional dan meningkatkan kualitas serta kapasitas para tenaga pendidik dalam hal literasi.

Menurut wakil kepala sekolah, Darwis MPd yang juga selaku ketua panitia mengatakan kegiatan ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai yang diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias.

Kegiatan ini yang mulanya hanya diperuntukkan untuk dewan guru, juga diikuti oleh karyawan sekolah seperti tenaga pustakawan dan ustad/zah sekolah, "demikian tuturnya.

Sementara itu pemateri dalam paparannya menjelaskan pengertian literasi dan perjalanan kegiatan literasi di Aceh Besar.

Disamping itu Rusydi juga menguraikan program-program literasi serta capaian prestasi yang telah diperoleh selama ini. "Harapannya prestasi ini dapat dipertahankan, "tegasnya.

Selain itu dalam penjelasannya Ketua Tim Literasi Disdikbud Aceh Besar ini menjelaskan teknik-teknik pengambilan dokumentasi kegiatan.

"Dengan memahami cara pengambilan dokumentasi dengan baik, sehingga hasil-hasil jepretannya tidak mengecewakan, "terangnya.

"Minimal ada tiga teknik yang harus diperhatikan diantaranya, fokus, timing, dan momen, "ucapnya.

Rusydi juga membahas cara penulisan laporan kegiatan dan berita serta feature. Dalam penulisan laporan dan berita harus mengedepankan 5 W 1H, sedangkan dalam penulisan agak sedikit bisa mengabaikannya.

Bahkan menurutnya publikasi itu sangat penting dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan. "Terutama dalam kegiatan yang dilakukan di sekolah untuk diinformasikan ke masyarakat dan stakeholder pendidikan lainnya, "pungkasnya.[]
×
Berita Terbaru Update