Notification

×

Iklan

Iklan

YANMAS Surakarta Khanduri Meugang

Minggu, 11 April 2021 | 15.09 WIB Last Updated 2021-04-11T08:09:48Z

Gemarnews.com, Surakarta - Menjelang datangnya bulan Ramadhan Yayasan Masyarakat Aceh (Yanmas) Surakarta mengadakan khanduri mak meugang di Gerai Coffee Solo, Minggu (11/04/2021).

Kegiatan mak meugang yang mengusung tema "menjaga tradisi merajut silaturahmi" diisi dengan menyantap ‘kuah beulangong’ secara beramai-ramai dan Tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Boyhaqi Iskandar. 

Maidatul Akmal dalam laporan panitia mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas inisiatif dari seluruh masyarakat Aceh yang ada di Surakarta untuk menjaga tradisi dan khasanah budaya Aceh dengan cara patungan atau ‘meuripee’.


"Insya Allah, dengan adanya kegiatan khanduri  meugang ini selain merupakan tradisi yang sudah mengakar dalam masyarakat Aceh juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat ukhwah islamiyah sesama "ureung" Aceh diperantauan kata Akmal.

Pengurus Yanmas yang dalam sambutan diwakili tokoh muda masyarakat Aceh, Ustad Arif Fauzi, Lc mengatakan, kegiatan ini akan menjadi Agenda Tahunan Yanmas dan akan diperingati setiap tahunnya. 

Sementara itu, Ustad Boyhaqi dalam tausiahnya menyinggung dengan pelaksanaan khanduri meugang ini dapat meningkatkan semangat kita untuk dapat terus berbagi dan peduli kepada sesama. 

Ustad Boyhaqi juga menyampaikan menyambut Ramadhan haruslah dengan tekad dan rencana yang matang. Orang-orang saleh terdahulu selalu merencanakan pengisian bulan Ramadan dengan cermat dan optimis.
Di antaranya berapa kali dia akan mengkhatamkan membaca Al-Quran, berapa kali shalat malam, berapa akan bersedekah dan memberi makan orang berpuasa, berapa kali kita menghadiri pengajian dan membaca buku agama.

"Itulah rencana yang benar mengisi Ramadan, bukan hanya sekadar merencanakan menu makan dan pakaian kita untuk Ramadan, tapi lebih diarahkan ke perencanaan yang matang untuk meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan suci." Ujar Ustad Boyhaqi

Acara khanduri ini dihadiri ratusan masyarakat Aceh yang ada di Solo Raya, tokoh masyarakat Aceh, dr. Yulidar Nabhani, Syarief Tarmizi, Ketua Yanmas Adi Fa, mantan pemain sepakbola  timnas Indonesia  Nasrul Koto dan Razali Ismail Ubit yang akrab disapa Mas Rai selaku Owner Gerai Coffee Solo.(*)
×
Berita Terbaru Update