Notification

×

Iklan

Iklan

Etika Pemerintah dalam Membangun Good Governance (Filsafat Moral)

Sabtu, 29 Mei 2021 | 22.05 WIB Last Updated 2021-05-29T15:11:51Z

Etika Pemerintah dalam Membangun Good governance (Filsafat Moral) 


Dok.foto : Defi Eliza , Mahasiswi ilmu pemerintahan Fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Syahkuala


Gemarnews.com - Etika merupakan prinsip dasar atau moral yang bisa mempengaruhi perilaku orang dalam membuat sebuah keputusan dan dalam menjalani hidupnya. Etika juga merupakan kaitan dengan apa yang baik bagi seseorang atau individu dan bagi masyarakat, dan juga digambarkan sebagai filsafat moral. 

Etika ini bisa disebut sebagai peta moral, di mana masalah moral bisa membuat kita bersemangat bahkan sebaliknya dari sinilah para filsuf bisa masuk, mereka menawarkan aturan dan prinsip yang bisa memungkinkan kita untuk mengambil pandangan yang jauh lebih baik dari permasalahan moral ini. Nah, jika etika ini sesuatu hal yang bisa memberi atau membuahi peta moral, Susunan kerja yang tentu bisa kita pakai untuk menemukan jalan kita untuk melalui semua masalah yang sulit.

Membahas tentang etika pemerintahan sudah pada kodratnya pemerintah itu memiliki etika yang baik dan benar, etika pemerintahan salah satu ajaran terpenting, dengan berperilaku yang baik dan benar dan juga sesuai dengan nilai, norma dan moral, serta Yang berkaitan dengan hakikat yang ada pada diri manusia.

Etika pemerintahan ini juga mengarah ke kode Etik profesional, Bagi mereka yang bekerja dan juga untuk pemerintah, Mereka memiliki kode Etik tersendiri. Sudah sepatutnya mereka yang bekerja di pemerintah maupun birokrat-birokrat menanamkan etika yang baik supaya di saat memimpin tidak terjadi penyelewengan, baik itu penyelewengan kekuasaan, pelayanan, bahkan kewajiban lainnya. Bagaimana bisa membangun Good governance Para birokrat atau aparatur pemerintahan Jikalau hal tersebut masih terjadi. 

Nah untuk membangun Good governance Para birokrat atau aparatur pemerintahan harus menerapkan etika yang baik, berperilaku yang adil, Memiliki rasa yang ikhlas dalam melayani, profesional dalam bekerja, serta mematuhi atau menjalani kode Etik yang ada, serta Akuntabilitas, transparansi, efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya.

Etika ini juga merupakan fondasi awal untuk membangun sebuah kebaikan, seperti halnya etika pemerintahan merupakan fondasi awal untuk membangun good governance yang jauh lebih baik lagi ke depannya serta menjadi sebuah contohKebaikan untuk dicontohi oleh masyarakat luas. Dengan pemerintah bagus Etikanya dalam bekerja maka sudah pasti daerah yang dipimpin nya itu menjadi jauh lebih baik, dari pencapaian yang mereka dapat itu sudah tentu mengarah ke kondisi positif maka sudah pasti pemerintahan tersebut di katakan sebagai pemerintahan yang Good governance. 
Jadi dapat kita simpulkan untuk membangun pemerintahan yang Good governance Tentu tidak terlepas dari etika, dan etika tersebut sudah tentu tidak terlepas juga dari filsafat moral. Semua yang berkaitan dengan etika berkaitan dengan filsafat moral, karena etika merupakan cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi sebuah studi berkenaan standar dan penilaian moral, etika ini sendiri mencakup sebuah analisis Dan penerapan konsep, seperti baik, buruk, benar, salah, serta tanggung jawab.

Penulis :  Defi Eliza 
Nim : 1910104010020
Prodi : ilmu pemerintahan 
Fakultas ilmu sosial dan politik 
Universitas Syahkuala
×
Berita Terbaru Update