Notification

×

Iklan ok

Akibat Cuaca, Gerhana Bulan Total Tak Terlihat di Aceh

Kamis, 27 Mei 2021 | 01.28 WIB Last Updated 2021-05-26T18:29:55Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Akibat hujan deras mengguyur Aceh, maka Gerhana bulan total tidak terlihat di Aceh, Rabu, (27/5/2021).

Berdasarkan hasil amatan Kemenag Aceh di beberapa titik seperti Kanwil Kemenag Aceh, Bener Meriah, Langsa, dan Lhokseumawe.

Jika cuaca tidak mendung maka gerhana bulan parsial sekitar 84 persen dapat diamati di seluruh wilayah Aceh, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg

"Karena cuaca mendung dan hujan maka tidak terlihat dengan jelas. Di daerah dengan cuaca cerah terlihat dengan jelas," kata Iqbal.

Iqbal mengatakan, setelah pengamatan gerhana pihaknya juga melaksanakan shalat khusuf berjamaah di aula Kanwil. Selain itu, Kanwil Kemenag Aceh juga telah menerbitkan edaran menyangkut pelaksanaan shalat khusuf di tempat masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Ini tidak sekedar fenomena alam tapi ini bukti kebesaran Allah SWT. Karena ini bentuk syukur kita kepada Allah maka kita mengimbau untuk salat di tempat masing-masing dengan tatacara yang sudah dijelaskan terlebih dahulu," kata Iqbal.

Sementara itu, Ahli Falakiyah Kanwil Kemeng Aceh Alfirdaus Putra mengatakan, fenomena gerhana bulan total kali ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Hanya saja, kata Firdaus, untuk wilayah Aceh jika cuaca tidak mendung, gerhana hanya terlihat parsial, tidak berbentuk gerhana bulan total seperti daerah lainnya di Indonesia.

"Gerhana kali ini sebenarnya gerhana bulan total, tapi untuk Aceh itu gerhana bulan parsial karena ketika matahari terbenam atau bulan terbit posisi gerhana bulan total sudah selesai di daerah Riau. Berarti kita cuma parsial cuma posisi parsial kita lumayan tinggi sampai 84 persen," kata Firdaus.

"84 persen bulan akan ditutupi bayangan matahari sehingga bulan yang seharusnya purnama itu hanya akan terlihat sabit pada pukul 18.50 dengan catatan suasana kita tidak mendung kita bisa melihatnya sampai satu jam dua menit," ujarnya lagi.

Berdasarkan hitungan falakiyah, gerhana bulan terjadi sejak pukul 15.47 WIB yang diawali dengan gerhana bulan penumbra. Kemudian awal gerhana total akan terjadi pada pukul 18.11 WIB, puncaknya pada pukul 18.18 WIB, dan berakhir pada pukul 18.25 WIB. Selanjutnya, akhir penumbra terjadi pada pukul 20.39 WIB. (acehstandar.com)
×
Berita Terbaru Update