Notification

×

Iklan ok

Kemenag Pijay Ajak Masyarakat Shalat Gerhana Bulan

Rabu, 26 Mei 2021 | 00.02 WIB Last Updated 2021-05-25T17:02:03Z

Kepala Kantor Kementerian Agama Pidie Jaya, Ahmad Yani, S.Pd.I

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Berdasarkan data astronomi, pada hari Rabu, 26 Mei 2021 bertepatan 14-15 syawal 1442 H ini akan terjadi gerhana bulan total atau Khusuful Qamar. Gerhana diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 18:09- 20:51 WIB.

Kepala Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Ahmad Yani, S.Pd.I, mengimbau agar masyarakat melakukan salat sunnah gerhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar melakukan Salat Gerhana,” jelas Yani kepada Gemarnews.com, Selasa (25/5/2021).

Anjuran tersebut sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dan dianjurkan (sunnah muakkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu dan juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

Kita telah mengintruksikan kepada Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan sekabupaten Pidie Jaya berisi seruan untuk melaksanakan Salat Gerhana Bulan  dan meneruskan Kepada Masjid dan Meunasah yang didalam kecamatan masing-masing, terang Yani.

"Kita ingin memastikan masyarakat mengetahui peristiwa yang langka ini dan melaksanakan shalat Gerhana Bulan di masjid dan meunasah masing-masing."

Meski begitu, Ahmad Yani tetap mengingatkan kepada umat Islam untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan, sebab pelaksanaan itu terjadi di tengah wabah virus Covid-19.

“Karena masih pandemi, Shalat Gerhana agar diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan,” tandasnya. (*)
×
Berita Terbaru Update