Notification

×

Iklan ok

Tak Lolos SBMPTN 2021? UNS Kini Buka Jalur Khusus Ketua OSIS, Pramuka, PMR

Selasa, 15 Juni 2021 | 16.35 WIB Last Updated 2021-06-15T09:35:35Z

Gemarnews.com, Solo - Buat kalian yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2021, masih ada kesempatan lagi. Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masih membuka beberapa jalur seleksi.

Mulai tahun ini, UNS membuka Jalur Kepemimpinan Muda. Jalur ini khusus untuk para peserta yang semasa SMA pernah menjadi Ketua OSIS di sekolah, Ketua Pramuka tingkat kota/kabupaten dan Ketua Palang Merah Remaja (PMR) di tingkat kota/kabupaten.

"Jalur kepemimpinan muda ini baru pertama kali kita buka tahun ini, khususnya untuk adik-adik yang jadi Ketua OSIS di SMA, organisasi kepemudaan seperti Pramuka dan PMR," kata Wakil Rektor I UNS, Ahmad Yunus, saat dihubungi detikcom, Selasa (15/6/2021).

Alasan pembukaan jalur baru ini untuk menjaring siswa yang memiliki bakat kepemimpinan. Yunus meyakini siswa yang pernah menjadi ketua organisasi di sekolah memiliki kelebihan.

"Karena mereka yg terpilih menjadi ketua pasti punya kelebihan dibandingkan teman-temannya. Kita saring juga untuk menghasilkan calon pemimpin di masa depan," ujar guru besar Fakultas Pertanian UNS itu.

Untuk Jalur Kepemimpinan Muda, UNS hanya menyediakan beberapa program studi (prodi), yaitu S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi dan S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Kemudian S1 Kriya Seni/Tekstil, S1 Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), S1 Desain Interior, S1 Desain Komunikasi Visual dan S1 Pendidikan Seni Rupa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, UNS juga membuka jalur Seleksi Mandiri (SM). Ada dua jalur SM, pertama yakni menggunakan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), atau kedua dengan mengikuti Ujian Tulis UNS.

Selain itu, UNS juga membuka Jalur Kelas Internasional, yakni menggunakan bahasa Inggris dalam pelaksanaan kuliah. Ada dua prodi yang dibuka untuk kelas internasional, yakni S1 Akuntansi dan S1 Ekonomi Pembangunan.

Adapun pelaksanaan dari dari keempat jalur tersebut berbeda-beda. Berikut jadwalnya:
Jalur Ujian Berbasis Nilai UTBK 24 Mei-17 Juni 2021
Jalur Ujian Tulis UNS 24 Mei-17 Juni 2021
Jalur Kepemimpinan Muda 11-22 Juni 2021
Jalur Kelas Internasional 15 Juni-2 Juli 2021 

(detik.edukasi)
×
Berita Terbaru Update