Notification

×

Iklan

Iklan

SMPN 2 Bandar Dua Sosialisasi dan Ujicoba AKM

Kamis, 19 Agustus 2021 | 20.31 WIB Last Updated 2021-08-19T13:31:04Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Pendidikan abad 21 harus dapat membekali peserta didik dengan keterampilan belajar dan berinovasi, Keterampilan menggunakan teknologi informasi dan kecakapan hidup untuk bekerja dan berkontribusi pada masyarakat. 

"Keterampilan-keterampilan inilah yang disebut Kecakapan Hidup Abad 21. Salah satu prasyarat untuk mewujudkan kecakapan Kamis (19/8/2021).

AKM merupakan salah satu bagian dari Asesmen nasional disamping Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen nasional dirancang pemerintah untuk menggantikan Ujian Nasional (UN) atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). AKM bertujuan untuk mengukur capaian murid dari hasil belajar kognitif pada literasi dan numerasi. 

"Survei Karakter digunakan untuk mengukur capaian murid dalam belajar sosial emosional untuk mencetak profil pelajar pancasila. 

Sedangkan, survei lingkuangan belajar digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah," jelasnya.

Kegiatan Sosialisasi dan ujicoba AKM dilaksanakan di ruangan Lab Komputer SMPN 2 Bandar Dua dan  diikuti oleh seluruh  guru bidang study dan siswa kelas 8, ujar Kepala Sekolah, Muhammad Nasir kepada Gemarnews.com.

"Pelaksanaan ini untuk pengenalan soal-soal AKM pada guru dan siswa, untuk memberikan pemahaman kepada warga sekolah tentang AKM, sekaligus melaksanakan uji coba mandiri AKM untuk memetakan kemampuan siswa dibidang literasi dan Numerasi," ujarnya.
×
Berita Terbaru Update