Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Penilai Lomba Binter Tingkat Pusat, Kunjungi Kodim 0103 Aceh Utara

Kamis, 19 Agustus 2021 | 15.41 WIB Last Updated 2021-08-19T08:41:33Z
Lhokseumawe (Gemarnew.com)  - Kodim 0103/Aceh Utara menjadi salah satu Kodim yang yang disiapkan Kodam IM untuk mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat pusat.

Hal tersebut terlihat saat Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P menerima kedatangan Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat di Makodim 0103/Aceh Utara, Jumat (19/08/2021).

Kedatangannya tim tersebut dalam rangka penilaian Lomba Binter Satkowil tingkat Pusat dengan maksud untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan program kerja TNI-AD Bidang Binter oleh Satuan Komando Kewilayahan.

Dalam kesempatannya Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P menyampaikan,kami mengucapkan Selamat Datang kepada Ketua Tim Penilaian Lomba Binter tingkat Pusat Kolonel Inf Pranito Dwinarwan S.I.P beserta Rombongan di Makodim 0103/Aceh Utara semoga dalam kegiatan ini dapat memberikan masukan serta bimbingan yang menjadikan Kodim kami lebih baik lagi kedepannya," ucap Dandim.

Kolonel Inf Pranito Dwinarwan S.I.P selaku Ketua Tim penilaian menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut yaitu untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan Binter yang dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya di Kodim 0103/Aceh Utara.

“Bagaimana implemantasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan oleh Kodim, disitu nanti kita nilai sampai sejauh mana persentasi yang dilakukannya selama bertugas,” terangnya.

Kegiatan ini juga untuk menciptakan suatu ketahanan kepada rakyat, melalui program-program yang dilaksanakan bekerjasama dengan Forkopimda dan tokoh masyarakat di wilayahnya, sehingga nanti dapat menciptakan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Dari situ kita bisa menilai bagaimana jalinan kerjasama dengan Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di wilayahnya,” ujar Kolonel Inf Pranito Dwinarwan S.I.P.

Dirinya juga menyampaikan, ada perbedaan penilaian terhadap pelaksanaan Binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu menggunakan klasifikasi Utama, Madya dan Pratama. Sedangkan tahun ini penilaian terbagi menjadi tiga klasifikasi. Klasifikasi A berada di kodim penyangga ibu kota dan tingkat provinsi, klasifikasi B merupakan Kodim yang berada di Kabupaten maupun kota serta klasifikasi C merupakan kodim yang ada di perbatasan maupun pulau terluar.

Lomba Binter tingkat pusat ini lanjutnya, dilaksanakan dua tahun sekali. Dimana katanya, masing-masing Kodam mempersiapkan dua Kodim untuk mengikuti perlombaan.

“Tujuan dibuat klasifikasi 3 type tersebut agar dalam penilaian setiap satuan yang dilombakan sama kekuatan dan kemampuannya, karena jika diadu dengan klasifikasi berbeda maka sudah pasti klasifikasi wilayah Kota yang menang,” imbuhnya.

“Tentunya Kodim 0103/Aceh Utara ini adalah satuan komando kewilayahan yang bisa di andalkan oleh Pemda setempat dalam membantu masyarakat di sekelilingnya,”paparnya.

Kegiatan di masa pandemi ini sebutnya, pimpinan TNI AD sangat berharap keberadaan satuan Korwil sebagai insan teritorial harus bisa membantu masyarakat.

“Pertama tentunya Kodim bekerjasama dengan Pemerintah maupun Polri untuk menekan seminimal mungkin terjadinya korban terpapar covid-19 dan menyadarkan masyarakat bahwa protokol Kesehatan menjadi kebutuhan hidup saat ini,”paparnya.

Adapun yang hadir dalam kesempatan itu, tim penilai yang terdiri Ketua Tim Kolonel Inf Pranito Dwinarwan, S.I.P, Kolonel Inf Joko Triyanto (Wakatim), Letkol Inf Amir Syarifudin, S.H,dan Mayor Inf Muhammad Nuryadi.Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P, Kasdim 0103/Aceh Utara Mayor Cba Jumiin, Pabung Dim 0103/Aceh Utara Mayor Inf Jailani dan Para Perwira Staf Kodim 0103/Aceh Utara.(Red)
×
Berita Terbaru Update