Notification

×

Iklan

Iklan

Wanita Tanjong Ulim di Latih Kerajinan Rotan

Rabu, 01 September 2021 | 16.51 WIB Last Updated 2021-09-01T09:51:34Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Berbagaicara di lakukan Pemerintah gampong Tanjong Ulim, Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya, dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satunya menggelar pelatihan kerajinan menganyam rotan untuk kaum ibu di desa setempat. 

”Kaum ibu tidak memiliki kegiatan kecuali urusan rumah tangga kita berikan pelatihan keterampilan,” kata Geuchik gampong Tanjong Ulim, Yushadi melalui Sekretaris Desa Husni Ismail kepada Gemarnews.com, (1/9/2021).

Husni mengatakan pelatihan ini didanai dana desa dari anggaran tahun 2021. Menurutnya ada banyak perempuan di gampong tersebut tidak bekerja sehingga dengan program  gampong diharapkan mampu melatih mereka menjadi kreatif dan memiliki keterampilan. 

Apalagi, kerajinan rotan tersebut, kata Husni menjadi omset dalam peningkatan BUMG, ia berjanji jika memang dinilai berhasil ke depan akan menambah kuota peserta untuk kedepanya.

Ini merupkan angkatan kedua dari peserta 60 orang, kegiatan pelatihan di laksanakan mulai dari 30 agustus s.d 2 September 2021, setiap pertemuan 30 orang, terang Sekdes.

Para ibu rumah tangga ini diajari cara membuat berbagai kerajinan tangan seperti pot bunga, keranjang buah, dan lainnya. Meski baru belajar, namun tangan para ibu-ibu ini dengan cekatan merajut dan kualitas maupun desain dari hasil anyamannya tidak kalah bagusnya dengan yang sudah profesional. Agar hasil anyaman berkualitas, para ibu rumah tangga ini juga dibimbing oleh mentor berpengalaman.

Sang mentor merupakan pengrajin rotan di Pijay. Dipilihnya pelatihan rotan  karena usaha yang satu ini termasuk banyak di minati di Pijay maupun luar.

“Jika komoditas rotan ini kita olah menjadi produk bagus dan berkualitas, maka memiliki harga jual yang bagus,” tuturnya.

“Saya berharap rotan ini menjadi salah satu unggulan masyarakat sehingga akan berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan menjadi sentra produksi dan penghasil ekonomi yang cukup besar bagi kemajuan BUMG,” tutupnya.


×
Berita Terbaru Update