Notification

×

Iklan

Iklan

Bapera dan Komunitas Jurnalis Kumpulkan 47 Kantong Darah di Hari Sumpah Pemuda

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18.12 WIB Last Updated 2021-10-28T11:16:00Z

Kapus Bandar Baru, Husni, SKM, melakukan donor darah Hari Sumpah Pemuda.

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Pidie Jaya menyelenggarakan kegiatan untuk kemanusiaan berupa donor darah bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke - 93 tahun, di Kabi Kupi, Kamis (28/10/2021). 

Kegiatan donor darah tersebut bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Pidie Jaya, Komunitas Jurnalis, MRI, dan Center Peduli Rakyat serta ULP PLN Meureudu.

Sejumlah Santri, Unsur Pegawai Pemkab Pidie Jaya, TNI, Organisasi turut berpartisipasi sebagai pendonor dalam kegiatan itu.

Ketua DPD BAPERA Pidie Jaya, Muhammad Fajri, di dampingi Ketua Pelaksana Kamaruddin mengatakan, kegiatan donor darah ini, sebagai wujud kepedulian sosial generasi muda yang tergabung dalam Ormas BAPERA dan Komunitas Jurnalis Pidie Jaya serta organisasi lainnya membantu sesama yang membutuhkan darah, apalagi di tengah pandemi covid-19, RSUD Pidie Jaya sering kekurangan stok darah.

Diketahui selama ini terjadi penurunan jumlah pedonor darah yang signifikan, sementara kebutuhan darah tetap tinggi.

“Kami berharap momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini sebagai ajang untuk generasi muda dalam mengaktualisasikan dirinya, memberikan kontribusi nyata di bidang kemanusiaan untuk masyarakat Pidie Jaya,” ujar M.Fajri.

Gerakan Donor Darah (GEDOR) 

Sebelumnya Bapera juga melakukan kegiatan hal serupa dalam rangka memperingati hari Pahlawan tahun 2020.

Pencapaian darah saat Gedor pertama kita bisa melibatkan dua petugas saat kegiatan yaitu dari UDD PMI Pidie dan UTD RSUD Pidie Jaya.

Kegiatan Gerakan Donor Darah (Gedor) 2021 ini kita ambil di momentum Hari Sumpah Pemuda, sebagai kegiatan terjalin pula kerjasama dengan organisasi-organisasi kepemudaan setempat dan komunitas-komunitas untuk ikut berdonor, sesuai dengan "Tema : Bakti Pemuda, Demi Setetes Darah untuk Pidie Jaya."

Kantong Darah

Kegiatan Gerakan Donor Darah (Gedor) 2021 berhasil mengumpulkan 47 Kantong Darah, dengan rincina  Golongan Darah O : 20 kanting, A: 9 Kantong, B: 13 Kantong dan AB: 5 Kantong, dengan pendaftar peserta sebanyak 67 orang.(*)



×
Berita Terbaru Update