Notification

×

Iklan ok

Pengalaman Maggang di kementrian Agama Kabupaten Aceh Selatan di tengah Wabah Penyakit Covid 19

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10.13 WIB Last Updated 2021-10-22T03:13:58Z

Oleh : Muhammad Rizki (180305022)
Mahasiswa sosiologi Agama Uin Araniry Banda Aceh


Gemarenews.com, Opini Mahasiswa - Saya adalah mahasiswa di salah satu Universitas Islam di Aceh yaitu Uin Ar- raniry di Banda Aceh, yang mengambil jenjang pendidikan Sarjana (S1) dengan program studi Sosiologi Agama. Tidak terasa sudah hampir tujuh semester saya menjalani dunia perkuliahan saat itu dan harus memilih tempat untuk melakukan Praktikum Magang Profesi. Nah, proses ini yang cukup sulit, menentukan dimana saya akan magang, dan juga dengan kondisi sekarang dimana adanya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) yang membuat sebagian instansi-instansi bekerja secara online dan tak jarang mahasiswa yang ingin melakukan praktek kerja lapangan di setiap instasi jumlahnya mahasiswanya di batasi, sehinnga sanggat menyulitkan bagi saya dan juga mahasiswa lainya untuk maggang di setiap instasi yang ingin di tuju, Praktikum Profesi Magang ini dilaksanakan selama 1 bulan.


Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Selatan kecamatan Tapak Tuan menjadi pilihan saya dalam melaksanakan praktikum magang profesi. Alasan saya memilihnya adalah karena sesuai dengan lembaga instansi pendidikan dan juga ingin menambah pengetahuan dan pengalaman bekerja di instansi pemerintahan dan paling yang terpenting juga menambah link.
Setelah menjalani rangkaian proses yang dimulai dari pembuatan surat izin dan proposal yang dibantu oleh pihak kampus,  pada 9 Agustus 2021  hari pertama saya masuk kantor sebagai mahasiswa magang, Karena saat itu hari pertama masuk muncul rasa takut campur deg-degan


Praktikum Profesi Magang kali ini adalah pertama kalinya saya merasakan dunia kerja dalam instansi pemerintahan, Awalnya saya takut tidak dapat bersosialisasi dan berkomunikasi baik dengan para pegawai, Tapi sebaliknya, Ketika saya mulai mengenal seluruh pegawai mereka menerima saya dengan baik dan seluruh  para staf sangat ramah terhadap saya sehingga saya sendiri sangat terkejut oleh itu dan  khususnya tempat divisi saya, mereka selalu membantu dan membimbing saya dalam melakukan setiap perkejaan yang mereka beri kepada saya. 


Kantor kementerian agama kabupaten Aceh selatan  ini terletak di jalan Syehk Muda Wali, kampung Hulu kecamatan Tapak tuan, di kantor ini saya ditempatkan di ruang kekeluarggaan dan Humas yang dimana sesuai dengan bidang konsentrasi yang saya ambil. Adapun tugas Pranata Humas di Kemenag kabupaten Aceh Selatan antara lain :


1. Membangun kepercayaan publik

2. Menyosialisasikan kebijakan dan program kementerian agama.

3. Mencari,mengklarifikasi, serta menganalisis data dan informasi.

4. Membangun citra dan reputasi positif kementerian agama

5. Membentuk, meningkatkan, dan memelihara opini positif publik

6. Menampung dan mengolah aspirasi masyarakat

7. Mengolah dan mengatur media sosial di kementerian agama

Hubungan masyarakat di lingkungan Kementerian Agama  yang di di sebut Humas Kemenag adalah Subbag pada Kanwil Kementerian Agama yang melakuakn fungsi manajemen dalam bidang informasi dan komunikasi yang persuasive,efektif dan efesien untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan public melalui berbagai sarana kehumasan dalam rangka menciptakan citra dan repotasi yang fositif Kementerian Agama.
Fungsi humas Kementerian Agama meliputi dua aspek yakni pada  aspek publikasi untuk menyampaikan kebijakan dan program, promosi capaian kenerja,merespon isu public di media,masyrakat dan stakeholers serta mempasilitasi dioalog denag publik. 


Sedangkan pada sisi feedback menyerap aspirasi masyarakat,memantau isu di media, masyarakat dan stakeholders, analisis isu setreategis serta memberikan masukan pada pimpinan dalam mengambil keputusan.Praktikum Magang kali ini di instasi kantor kemenag kabupaten aceh selatan  banyak melakukan  program dan kegiatan kegiatan dari pihak instasi tersebut . yang sangat terbekas di pikiran saya yaitu di setiap  hari jumat semua para staf kantor termasuk kepala kemenag aceh selatan mengadakan rutinitas membaca surat yasin, dan mendengarkan ceramah islami yang di sampaikan oleh salah satu staf  karyawan kemenag aceh selatan, dan juga mengenal huruf huruf alquran sesuai dengan tajwibnya yang di pimpin oleh salah satu staf kemenag. 


Dan selesai dari kegiatan itu semuanya  para staf  karyawan dan karyawati ngopi serapan bersama di teras musolla sehingga menunjukkan kekompakan dan kerhamonisan hubungan  para staf  tersebut tetap terjaga. Momen  momen hal yang unik ini jarang saya lihat dan saya dapati di tempat instansi lainya. Praktikum Magang Profesi di Kementerian Agama kali ini, saya mendapatkan pengalaman dan belajar dalam lingkungan kerja di instansi pemerintahan.Tidak hanya belajar, rasa kekeluargaan pun sangat dibangun di lembaga dan divisi saya ini.  


Jika ada masalah, mereka akan membantu saya sebisa mungkin.Seluruh pembelajaran dan pengalaman serta rasa kekeluargaan yang dibangun di Lembaga dan divisi saya ini membuat saya merasa lebih bersemangat, ingin membagi ilmu yang saya dapatkan dibangku perkuliahan, dan gigih dalam bekerja. (*)
×
Berita Terbaru Update