Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Bener Meriah Tekankan Realisasi Dana Desa Tahap III Dipercepat

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15.07 WIB Last Updated 2021-10-13T08:07:37Z

Dok Foto : Sekda Bener Meriah



Gemarnews.com, Redelong - Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si bertindak sebagai Pembina Apel Pagi pada Kantor Camat Timang Gajah,  Rabu, 14 Oktober 2021. 

Pada apel tersebut dihadiri oleh anggota Forkopimcam Timang Gajah dan Para Reje Kampung beserta jajarannya. Sekretaris Daerah mengapresiasi terhadap para Reje dan seluruh jajaran dalam disiplin berseragam pada apel tersebut.

Dalam amanatnya, Sekda menekankan Percepatan Realisasi Dana Desa Tahap III. 
Dari data DPMK bahwa untuk Kecamatan  Timang Gajah pencairan Dan Desa Tahap III baru dilakukan oleh 8 (Delapan) Kampung dari total 30 Kampung, serta 7 (Tujuh) Kampung yang telah melaksanakan Musrenbangdes. 

Selama kurun waktu 6 Tahun penyaluran Dana Desa sejumlah hampir 16 Milyar Rupiah anggaran untuk BUMDES namun masih belum menghasilkan PAD yang sesuai. "Hal ini akan menjadi perhatian khusus," kata Sekda. 

Secara keseluruhan Kabupaten Bener Meriah masih mencapai 20% pencairan Dana Desa Tahap III sehingga menggeser posisi Kabupaten Bener Meriah dari 3 besar ke posisi 6. "Oleh karena itu, kini kita berkumpul kembali untuk mendapatkan informasi terkait keterlambatan dan mencari solusi yang tepat," ungkap Sekda.

Sekda Haili Yoga berpesan kepada para Reje beserta seluruh jajaran agar segera melakukan pencairan karena merupakan rapor kinerja masing-masing kampung yang langsung dipantau oleh Provinsi dan Pusat. 
"Kita akan terus kawal setiap kampung untuk segera melakukan proses Pencairan Dana Desa Tahap III melalui Camat Timang Gajah dan DPMK Kabupaten Bener Meriah. Kami akan terima laporan rutin dan bagi kampung yang masih belum berproses bila perlu akan kita datangi bersama Bapak Plt. Bupati Bener Meriah," ujar Sekda Bener Meriah. 

Sekda juga mengingatkan proses pencairan dana desa tahap III diberikan tenggat waktu untuk menyelesaikan sebelum tanggal 20 Oktober 2021. 

Pada kesempatan tersebut, Sekda menutup dengan berpesab untuk jaga persatuan dan kekompakan. "Jangan saling mencari kelemahan tapi marilah saling menutupi kelemahan dan saling memberi dukungan. Kita telah memiliki beberapa prestasi terkait Dana Desa. Oleh karena itu mari terus kita pertahankan dan tingkatkan," pinta Sekda. (*)

Laporan : Zakiya Mahe Bujang
×
Berita Terbaru Update