Notification

×

Iklan

Iklan

Asisten II Wakili Bupati Buka Pelatihan Cupping Kopi

Selasa, 02 November 2021 | 11.24 WIB Last Updated 2021-11-02T04:24:57Z

Gemarnews.com, Takengon - Bupati Aceh Tengah yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Harun Manzola membuka secara resmi pelatihan Cupping Kopi atau pencicipan cita rasa kopi, bertempat di Gedung Operation Room Setdakab setempat, Jum’at (29/10).

Kegiatan yang diinisiasi Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdakab Aceh Tengah itu, menghadirkan tenaga pelatih Graders dari Cupper Team Gayo dengan diikuti 25 orang peserta yang akan dilatih pengetahuan pengenalan dasar uji cita rasa kopi selama 2 (dua) hari.

Mewakili Bupati Shabela, Asisten II dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan tersebut penting dalam meningkatkan kapasitas generasi muda terutama dalam mendukung optimalisasi peningkatan kualitas dan hilirisasi industri kopi.

Dikatakannya, dengan semakin banyaknya pihak-pihak yang memiliki kemampuan dalam menguji cita rasa kopi, akan semakin meningkatkan daya nilai terhadap perbaikan perlakukan budidaya kopi dan prosesing biji di Daerah ini sehingga kualitas citarasa yang dibutuhkan konsumen dapat terjaga.

Keberadaan pada cupper secara merata nantinya akan mampu mengisi dunia kerja bisnis perkopian seperti pada perusahaan prosesing kopi, eksportir atau di kedai kopi/coffeeshop.

“Hal ini tentu saja akan menjaga sekaligus meningkatkan kualitas kopi Gayo itu sendiri, sehingga bisnis perkopian di Daerah ini semakin maju dan berkembang, dan pada akhirnya akan mendongkrak perekonomian Daerah,” beber Harun. 

Untuk itu Harun berharap, para pihak  yang sedang mengikuti pelatihan ini dapat melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Terutama bagi peserta, dia menekankan agar mau menanamkan motivasi dalam diri masing-masing bahwa mereka usai mengikuti pelatihan ini akan mampu menjadi seorang cupper kopi yang profesional.

Sementara itu secara terpisah, Kabag Perekonomian dan SDA, Arisa Putra yang ditemui disela-sela kegiatan pelatihan menyebutkan, dalam pelatihan ini peserta diarahkan untuk menguasai dasar-dasar pengetahuan  tentang kopi, menilai kualitas kopi, mengartikulasikan karakteristik kopi dan mendeteksi Coffee defects. (*)

Wartawan : Zakiya Mahe Bujang
×
Berita Terbaru Update