Notification

×

Iklan ok

Film 'Guru Besar Tjokroaminoto' Meriahkan Silaturahmi Kodim 0110/Abdya dengan SEMMI dan PMI

Sabtu, 13 November 2021 | 14.20 WIB Last Updated 2021-11-13T07:54:11Z

GEMARNEWS.COM, BLANGPIDIE - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) silaturahmi dengan organisasi Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) dan Pemuda Muslimin Indonesia (PMI).

Kegiatan yang bertajuk 'Spirit Nasionalisme Dalam Bingkai Berbangsa dan Bernegara' tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kodim 0110/Abdya, tepatnya di Jalan Rawa Sakti, Desa Pasar, Blangpidie, Abdya dan diikuti setidaknya 50 orang dengan menerapkan Prokes Covid-19.

Ws. Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Achmad Hisom Baihaki dalam sambutannya mengatakan, perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan sangat panjang, memperingati Hari Pahlawan merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

"Kita baru memperingati Hari Pahlawan 10 November. Dahulu para pejuang berjuang dengan senjata seadanya seperti bambu runcing, sedangkan lawan kita menggunakan senjata api, tetapi atas izin Allah SWT kita bisa memenangkan perjuangan itu," tutur Achmad Hisom.
Terkait dengan pelaksanaan silaturahmi tersebut, Achmad Hisom mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa, dalam hal itu karena telah bersedia memperingati Hari Pahlawan, walaupun dengan kegiatan yang sederhana.

"Semangat juang para pendahulu harus tetap kita ikuti, meski sekarang tidak ada pertempuran melawan musuh. Gelorakan semangat perjuangan ini, karena tugas kita saat ini berjuang untuk mempertahankan bangsa ini, semua tergantung dari pada semangat pemuda saat ini," katanya.

Saat ini, tambah WS Dandim 0110/Abdya, tugas bersama untuk memerangi berita hoax yang sering menimbulkan permasalahan. Apalagi dimasa pandemi Covid-19, penyebaran berita hoax berkembang dengan sangat mudah. Namun dari itu, masyarakat tetap harus menjalankan Prokes Covid-19.

"Kepada para pemuda agar dapat mensukseskan program pemerintah, terutama tentang vaksinasi. Sampaikan informasi yang benar kepada masyarakat, sehingga pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap agar norma agama dalam lingkungan masyarakat maupun keluarga dapat dijalankan, terutama dalam menghindari pengaruh narkoba dikalangan generasi muda.
Ketua SEMMI Aceh, Husnul Jamilah mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0110/Abdya beserta jajaran, yang telah memfasilitasi kegiatan memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021 di lingkungan Kodim 0110/Abdya.

"Berada di lingkungan Kodim Abdya seperti kembali ke masa lalu, karena saya pernah menjadi Saka Wira Kartika Kodim 0110/Abdya yang telah membentuk karakter saya," ucap Husnul mengenang masalalu.

Husnul mnegungkapkan, kemerdekaan Indonesia tidak diberikan oleh Belanda dan Jepang, melainkan direbut oleh para pahlawan, dan hampir seluruh perjuangan Indonesia tidak lepas dari peran para Ulama Islam. 

Kegiatan seperti ini, tambahnya, merupakan bentuk rasa menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang. SEMMI selalu berada di garda terdepan menjaga keutuhan NKRI. Penyalahgunaan narkoba yang terjadi di Aceh semakin parah, perlu kerja keras semua pihak dalam menghadapinya. 

"Harapannya kepada Pemuda dan Pemudi SEMMI yang ada di wilayah Kabupaten Abdya terus berbuat yang terbaik dalam mengisi kemerdekaan ini," imbuh Husnul.

Sementara itu, Ketua PC SEMMI Abdya, Akmal Al-Qarasie mengatakan, pada kegiatan itu juga akan menayang film berjudul 'Guru Besar Tjokroaminoto', yang merupakan sosok pejuang bangsa pada masa lalu. 

"Pemuda harus memiliki semangat para pejuang bangsa dan mewariskan kepada generasi dan dalam mengisi kemerdekaan ini. Silaturahmi ini sebagai salah satu langkah dan upaya untuk meningkatkan spirit Nasionalisme terhadap generasi bangsa muda bangsa ke depan. Sehingga peran pemuda saat ini sangat penting dalam mengisi kemerdekaan terutama dalam pembangunan bangsa," ucap Akmal.

Kegitan tersebut dihadiri Ws. Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Ahmad Hisom Baihaki, Ketua PW SEMMI Aceh, Husnul Jamilah, Ketua PC SEMMI Abdya, Akmal Al-Qarasie, Ketua PC PMI Abdya, Harfendi, Personel Kodim 0110 /Abdya, anggota PC SEMMI Andya, anggota PC PMI Abdya.
×
Berita Terbaru Update