Notification

×

Iklan

Iklan

MPD Aceh Tengah Gelar Sosialisasi Desiminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan

Kamis, 04 November 2021 | 20.40 WIB Last Updated 2021-11-04T13:40:17Z

Gemarnews.com, Takengon - Membuka secara resmi acara Sosialisasi Desiminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah Tahun Pelajaran 2020, Kegiatan tersebut berlangsung atas inisiasi Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Tengah yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Tengah.

"Maksud dan tujuan dari kegiatan Sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi menyangkut hasil pemetaan mutu pada tahun 2020 dan memberikan rekomendasi tindak lanjut demi perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas, baik pada saat ini bahkan di masa yang akan datang," Demikian disampaikan Ir. Khaidir, MM. saat membacakan Sambutan Bupati Aceh Tengah.

Mewakil Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, pada kesempatan membuka secara resmi kegiatan penyelenggaraan penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan Aceh Tengah dengan tema “Sosialisasi Desiminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah Tahun Pelajaran 2020” yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kampung Mendale Kecamatan Kebayakan, pada Kamis (4/11/21).

Diseminasi hasil pemetaan dan surpervisi mutu pendidikan bertujuan untuk menyebarluaskan hasil Program Penjaminan Mutu Pendidikan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tengah pada tahun 2020 lalu.

Selanjutnya, Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Alam Setdakab Aceh Tengah tersebut, juga menambahkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, secara penuh serius dan berkomitmen untuk terus mendukung upaya peningkatan kualitas mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Tengah.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Tengah, memerlukan dukungan dan partisipasi aktif dari semua komponen masyarakat sesuai peran dan fungsinya masing-masing, terkhusus tentunya dukungan dari kalangan Pendidikan", Lanjutnya membacakan sambutan Bupati Shabela Abubakar.

Sementara, secara terpisah dalam laporan ketua panitia pelaksana DR. Edy Putra Kelana S.IP, M.SI, M.Pd, menyampaikan, Pemerintah telah mengeluarkan sebuah standarisasi dalam sistem pendidikan yang harus dilakukan dan diterapkan oleh semua instansi pendidikan baik Negeri ataupun Swasta, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia agar mutu pendidikan lebih  berkualitas. 

Program standarisasi tersebut di kenal dengan istilah SNP atau “Standar Nasional Pendidikan” yang setidaknya harus memenuhi 8 Standar Pendidikan, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan yang terakhir memenuhi Standar Penilaian Pendidikan, jelas Ketua MPD Aceh Tengah.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Tengah Drs. Uswatuddin MAP, Kepala Sekretariat MPD Aceh Tengah Buhari, S.sos, Pengawas Sekolah SD dan SMP, Misdar M.Pd serta Seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah. (*)

Wartawan : Zakiya Mahe Bujang
×
Berita Terbaru Update